Negara-negara yang Bersengketa Wilayah dengan China

Sabtu, 23 Juli 2022 - 06:15 WIB
loading...
A A A
Sengketa di Laut China Selatan ini terjadi sejak 1947. Natuna diketahui menyimpan potensi, yaitu minyak dan gas, posisi yang strategis sebagai jalur perdagangan, hingga sumber daya perikanan.

4. India

Perkelahian antara pasukan China dan India di Lembah Galwan di Ladakh, wilayah perbatasan Himalaya yang disengketakan telah menewaskan setidaknya 20 tentara India pada 2020.

Lokasi bentrokan berada di garis kontrol aktual (LAC) antara kedua negara. China dan India berbagi perbatasan yang panjangnya lebih dari 3.440 kilometer persegi.

Lembah Galwan dengan wilayah yang terjal serta bebatuan ini terletak di sepanjang sektor barat LAC dan dekat dengan Aksai Chin, wilayah sengketa yang diklaim India namun dikendalikan oleh China.

Berdasarkan laporan media, pasukan yang bentrok ini bahkan jatuh ke Sungai Galwan.

5. Bhutan

Bhutan berbagi perbatasan sepanjang 400 kilometer persegi dengan China. China dan Bhutan telah mengadakan diskusi tentang sengketa perbatasan selama 37 tahun terakhir.

Pembicaraan perbatasan China dan Bhutan ini dimulai pada 1984. Sejak itu, pembicaraan China dan Bhutan ini berfokus pada dua wilayah sengketa, termasuk Doklam serta wilayah lain di barat Bhutan, dekat persimpangan Bhutan-China-India yang mempunyai panjang 269 kilometer persegi, Lembah Jakarlung dan Pasamlung yang terletak di dekat Tibet di utara Bhutan.

China telah mengeklaim wilayah Sakteng yang berada di timur Bhutan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1044 seconds (0.1#10.140)