Kedua dalam Seminggu, Kapal Perang AS Berlayar Dekat Pulau yang Diklaim China di LCS

Sabtu, 16 Juli 2022 - 17:37 WIB
loading...
Kedua dalam Seminggu, Kapal Perang AS Berlayar Dekat Pulau yang Diklaim China di LCS
Kapal perang AS kembali berlayar dekat pulau yang diklaim China di Laut China Selatan. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
WASHINGTON - Kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) kembali menantang klaim China atas pulau-pulau yang disengketakan di Laut China Selatan (LCS) pada Sabtu (16/7/2022). Ini adalah operasi kedua yang dilakukan oleh Angkatan Laut AS dari jenisnya dalam minggu ini.

Armada ke-7 AS dalam sebuah pernyataan mengatakan kapal perusak berpeluru kendali USS Benfold berlayar di dekat Kepulauan Spratly – yang dikenal sebagai Kepulauan Nansha di China – di tenggara Laut China Selatan dalam apa yang disebut “operasi kebebasan navigasi” (FONOP)

Dalam pernyataannya, Armada ke-7 AS mengatakan operasi Angkatan Laut AS di rantai pulau di mana China telah membangun benteng militer di pulau-pulau buatan menantang pembatasan lintas damai yang diberlakukan oleh Republik Rakyat China (RRC), Vietnam, dan Taiwan.

"Melanggar hukum internasional, RRC, Vietnam, dan Taiwan bermaksud meminta izin atau pemberitahuan terlebih dahulu sebelum kapal militer melakukan lintasan damai melalui laut teritorial dari fitur yang relevan," sambung pernyataan itu seperti dikutip dari CNN.

Baca juga: Amerika Dukung Sikap Filipina di Laut China Selatan

“Laut teritorial” mengacu pada perairan dalam jarak 12 mil laut dari garis pantai suatu negara sebagaimana diakui oleh hukum internasional.

Filipina, Malaysia dan Brunei juga mengklaim kedaulatan atas bagian-bagian Kepulauan Spratly, tetapi pernyataan Angkatan Laut AS tidak mengatakan kapal perangnya menentang klaim mereka.

Menurut pernyataan Angkatan Laut, operasi hari Sabtu adalah FONOP keempat yang menantang klaim China tahun ini dan operasi kedua untuk USS Benfold dalam empat hari terakhir.

Pada hari Rabu, ia melakukan misi yang sama di Kepulauan Paracel, sebuah rantai pulau di Laut Cina Selatan yang dikenal sebagai Kepulauan Xisha di Cina, yang juga diklaim oleh Vietnam dan Taiwan.

Baca juga: Menteri Pertahanan Amerika: China Jadi Lebih Agresif di Asia
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1944 seconds (10.55#12.26)