Rusia Bersiap Produksi Massal Rudal Nuklir Sarmat

Rabu, 13 Juli 2022 - 04:12 WIB
loading...
Rusia Bersiap Produksi Massal Rudal Nuklir Sarmat
Rusia bersiap untuk produksi massal rudal nuklir Sarmat. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Kepala badan antariksa Roscosmos Rusia , Dmitry Rogozin, mengatakan bahwa rudal balistik antarbenua (ICBM) berkemampuan nuklir Sarmat yang baru sedang dipersiapkan untuk serangkaian tes dan produksi massal.

“Rudal berujung nuklir jarak global paling kuat di dunia sedang dipersiapkan untuk tes baru dan produksi serial,” tulis Rogozin di Telegram seperti dikutip dari Russia Today, Rabu (13/7/2022).

Pada awal Juli, kepala Roscosmos memeriksa pabrik Krasmash di kota Krasnoyarsk di Siberia timur untuk memeriksa upaya untuk melanjutkan pengujian dan memastikan bahwa produksi serial berhasil diluncurkan.



Pada bulan Mei, dia berbicara tentang kemampuan ofensif Sarmat, mengatakan bahwa rudal itu dapat menghancurkan setengah dari pantai beberapa benua besar jika suatu negara memutuskan untuk mengambil sikap agresif terhadap Rusia.

ICBM Sarmat pertama kali berhasil diluncurkan uji coba pada 20 April dari Kosmodrom Plesetsk di Wilayah Arkhangelsk. Rudal baru itu diperkirakan akan memasuki tugas tempur aktif pada akhir 2022, kata Presiden Rusia Vladimir Putin pada akhir Juni.

ICBM Sarmat diatur untuk menggantikan sistem Voyevoda yang lebih tua, juga dikenal dengan nama laporan NATO 'SS-18 Satan'. Menurut pernyataan sebelumnya dari Rogozin, Sarmat, yang dijuluki 'Satan 2', adalah rudal paling kuat di kelasnya dalam hal jangkauan dan hulu ledak, serta dirancang untuk "tak terkalahkan" untuk semua pertahanan udara yang ada.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1537 seconds (0.1#10.140)