Dulu Memohon-mohon, Kini Ukraina Remehkan Sistem Rudal Iron Dome Israel

Selasa, 12 Juli 2022 - 09:39 WIB
loading...
Dulu Memohon-mohon, Kini Ukraina Remehkan Sistem Rudal Iron Dome Israel
Ukraina meremehkan sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel untuk melawan senjata Rusia. Padahal, Ukraina sebelumnya memohon-mohon kepada Israel agar diizinkan untuk membelinya. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Ukraina meremehkan sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel untuk perang melawan senjata Rusia . Padahal, negara itu sebelumnya memohon-mohon untuk diperbolehkan membeli sistem buatan negara Yahudi tersebut.

Menteri Pertahanan Oleksii Reznikov, seperti diberitakan Yahoo News, mengatakan pada pertemuan puncak Forbes pekan lalu bahwa sistem Iron Dome tidak akan cocok untuk Ukraina.

Menurutnya, Ukraina tidak membutuhkan Iron Dome Israel.

“Kita semua tahu contoh Israel, yang melindungi langit dengan cukup baik,” kata Reznikov.



“Kita semua tahu nama Iron Dome, tetapi bahkan tidak memberikan perlindungan 100%. Faktanya, saya pernah ke Israel dan berbicara dengan pabrikan dan perusahaan negara mereka. Iron Dome dibangun [untuk perlindungan] terhadap rudal yang lambat, berketinggian rendah, dan berdampak rendah yang pada dasarnya dibuat di garasi. Iron Dome tidak melindungi dari rudal jelajah dan balistik," paparnya, seperti dikutip Jerusalem Post, Selasa (12/7/2022).

Pernyataan Menteri Reznikov itu bertentangan dengan lobi-lobi yang sebelumnya dibuat oleh Duta Besar Ukraina untuk Israel Yevgen Korniychuk.

Pada bulan Juni, Dubes Korniychuk mengatakan bahwa Kiev ingin membeli sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel.

“Kami membutuhkan bantuan Israel...Maksud saya, kami membutuhkan dukungan teknis militer. Kami membutuhkan Iron Dome...yang akan memungkinkan kami untuk menyelamatkan wanita dan anak-anak sipil kami dari penembakan rudal Rusia di wilayah kami,” katanya saat itu.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1685 seconds (0.1#10.140)