Presiden Sri Lanka yang Diserbu Rakyat Ada di Dekat Bandara, Hendak Kabur ke Luar Negeri?

Selasa, 12 Juli 2022 - 09:12 WIB
loading...
Presiden Sri Lanka yang Diserbu Rakyat Ada di Dekat Bandara, Hendak Kabur ke Luar Negeri?
Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa yang diserbu ribuan rakyatnya muncul di dekat bandara internasional utama, memicu spekulasi bahwa dia akan kabur ke luar negeri. Foto/ANI
A A A
COLOMBO - Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa muncul di pangkalan udara dekat bandara internasional utama, Senin. Dia telah melarikan diri dari istana presiden setelah diserbu ribuan rakyatnya yang marah.

Presiden Rajapaksa telah setuju untuk mengundurkan diri pada Rabu (13/7/2022) besok.

Namun, kemunculannya di dekat bandara internasional memicu spekulasi bahwa dia akan melarikan diri ke luar negeri, di negara pengasingan.

Rajapaksa meninggalkan istana presiden di Colombo di bawah perlindungan Angkatan Laut pada Sabtu malam, tak lama sebelum puluhan ribu pengunjuk rasa yang marah menyerbu kompleks tersebut.

Baca juga: Kabur, Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa Tinggalkan Banyak Uang Tunai di Istana

Pemimpin berusia 73 tahun itu berlindung di fasilitas Angkatan Laut di timur laut negara kepulauan itu. Hal itu dikonfirmasi seorang pejabat tinggi pertahanan.

Pejabat itu juga membenarkan bahwa Rajapaksa dibawa ke pangkalan udara Katunayake yang bersebelahan dengan bandara internasional utama negara itu.

"Dia dan rombongannya diterbangkan kembali ke Colombo dengan dua helikopter Bell 412," ujar pejabat tersebut yang menolak diidentifikasi, seperti dikutip AFP, Selasa (12/7/2022).

Tidak ada informasi resmi dari kantor presiden tentang keberadaannya, dan beberapa laporan media lokal berspekulasi dia hendak terbang ke Dubai kemarin.

Tetapi, menurut pejabat bandara, empat penerbangan komersial yang lepas landas ke tujuan Timur Tengah tidak ada yang membawa Rajapaksa.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2308 seconds (10.177#12.26)