Eropa Ketakutan Bila Putin Nekat Matikan Keran Pasokan Gas Rusia

Selasa, 12 Juli 2022 - 07:37 WIB
loading...
A A A
Tapi dia memperingatkan, “mungkin tidak ada yang terjadi, dan kita masih harus bersiap untuk yang terburuk" ketika Eropa berjuang untuk beralih dari Rusia untuk pasokan energi.

Moskow telah mengurangi pasokan gas sebesar 60 persen dalam beberapa pekan terakhir, menyalahkan tidak adanya turbin, bahkan ketika Berlin mengecam apa yang disebutnya sebagai "keputusan politik".

Pemotongan itu berdampak langsung pada pasokan ke sejumlah negara Uni Eropa, sementara Polandia dan Bulgaria juga mengalami penghentian sama sekali.

Satu masalah setidaknya diselesaikan selama akhir pekan. Atas desakan Berlin, Kanada setuju untuk mengembalikan turbin tersebut ke Jerman, yang telah menjalani perawatan, meskipun ada keberatan dari Ukraina.

Kanselir Jerman Olaf Scholz, melalui juru bicaranya, pada hari Minggu menyambut baik keputusan Kanada untuk memberikan apa yang disebut Ottawa sebagai izin terbatas waktu dan dapat dibatalkan bagi Siemens Kanada untuk mengizinkan pengembalian mesin.

Berlin juga berspekulasi bahwa karena alasan teknis akan sulit bagi Gazprom untuk menghentikan pengiriman melalui Nord Stream sepenuhnya.

Seperti yang dikatakan Habeck, “ini tidak seperti keran air” yang bisa dinyalakan atau dimatikan begitu saja, dengan gas yang diekstraksi di Siberia tidak dapat disimpan tanpa batas waktu.

Menyusul invasi Rusia ke Ukraina pada bulan Februari, Jerman menangguhkan sertifikasi pipa kedua, Nord Stream 2, karena kekhawatiran tumbuh atas ketergantungan besar-besaran Eropa pada pasokan gas Rusia.

Tetapi bahkan sekarang, penutupan pipa jangka panjang akan memukul Jerman dan tetangga Uni Eropa dengan keras, memperdalam krisis energi di mana pasokan yang tidak pasti telah mendorong harga naik menjelang musim dingin Eropa.

Jerman mengimpor sekitar 35 persen gasnya dari Rusia dibandingkan dengan 55 persen sebelum konflik Ukraina dimulai.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2327 seconds (11.252#12.26)