Rusia Klaim Banyak Mitra G20 yang Tak Bisa Menerima Upaya Mengisolasi Moskow

Sabtu, 09 Juli 2022 - 08:45 WIB
loading...
Rusia Klaim Banyak Mitra G20 yang Tak Bisa Menerima Upaya Mengisolasi Moskow
Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Kementerian Luar Negeri Rusia pada Jumat (8/7/2022) menyatakan, banyak mitra Rusia pada pertemuan G20 yang mengisyaratkan tidak dapat menerima aksi untuk mengisolasi Moskow.

"Ada penilaian yang bijaksana tentang penyebab obyektif dari guncangan ekonomi yang bersifat multifaktorial, termasuk inflasi yang dipicu oleh Barat di tengah pandemi virus corona, destabilisasi rantai pasokan lintas batas dan eskalasi situasi geopolitik,” sebut pernyataan Kementerian Luar Negeri Rusia, seperti dikutip dari TASS.



“Banyak mitra memberikan sinyal yang jelas, bahwa tidak dapat diterima untuk mengisolasi Rusia dan bahwa sanksi sepihak memiliki konsekuensi negatif," lanjut pernyataan itu, setelah pertemuan G20 yang dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

Kemenlu Rusia juga menyatakan, sebagai bagian dari kepresidenan G20 Jakarta saat ini, perhatian khusus pada jalur diplomatik diberikan pada dua masalah utama: penguatan kerja sama multilateral antar negara dan respons bersama terhadap tantangan di bidang ketahanan pangan dan energi.

Kementerian mengatakan, terlepas dari konfrontasi yang dipicu oleh Barat, secara umum, penekanan ditempatkan pada kebutuhan untuk mencari "penyebut yang sama" dalam memecahkan masalah sosial dan ekonomi ditekankan.

“Tesis tentang perlunya mempromosikan struktur polisentris tatanan dunia dan demokratisasi pemerintahan global, keterlibatan yang lebih luas dari dialog pada platform multilateral untuk memecahkan masalah negara-negara berkembang mendapat dukungan luas,” tambah pernyataan itu.



"Pidato Lavrov menguraikan pendekatan dasar untuk membangun kerja sama antar negara dengan pijakan yang setara dan berdasarkan Piagam PBB dan hukum internasional, penggunaan potensi G20 secara efektif sebagai forum sosial dan ekonomi yang representatif," kata kementerian itu.

"Mengingat interpretasi Barat yang menyimpang dari peristiwa di Ukraina, penyebab krisis di negara ini setelah kudeta 2014, yang terjadi dengan intervensi langsung AS dan Uni Eropa, dijelaskan secara rinci," tambah pernyataan tersebut.

Rusia juga menegaskan kesiapannya untuk terus memberikan kontribusi signifikan untuk memastikan akses ke sumber daya makanan dan energi.

(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1355 seconds (0.1#10.140)