Coba Redakan Ketegangan, Diplomat Top AS dan China Bertemu di Bali

Sabtu, 09 Juli 2022 - 06:48 WIB
loading...
Coba Redakan Ketegangan, Diplomat Top AS dan China Bertemu di Bali
Coba Redakan Ketegangan, Diplomat Top AS dan China Bertemu di Bali. FOTO/Reuters
A A A
BALI - Para diplomat tinggi dari Amerika Serikat (AS) dan China akan bertemu pada Sabtu (9/7/2022) di Bali. Ini adalah upaya baru untuk mencegah ketegangan yang memuncak di luar kendali antara kedua negara.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi akan mengadakan pembicaraan pagi dan makan siang kerja di pulau resor Indonesia, setelah mengambil bagian dalam pertemuan Kelompok ekonomi utama G20.



Dengan Barat mengisolasi Rusia atas invasinya ke Ukraina dan ketidakpastian yang meningkat pada ekonomi global, China dan AS sama-sama membuat langkah hati-hati untuk menutup banyak perbedaan mereka sendiri.

Daniel Kritenbrink, diplomat top AS untuk Asia Timur, mengatakan bahwa Blinken akan mencari "pagar pembatas" dalam hubungan antara dua ekonomi terbesar dunia itu.

“AS akan berusaha untuk melakukan segala kemungkinan untuk memastikan bahwa kami mencegah kesalahan perhitungan yang dapat menyebabkan konflik secara tidak sengaja," kata Kritenbrink kepada wartawan, seperti dikutip dari AFP.

Blinken dan Wang akan bertemu langsung untuk pertama kalinya sejak Oktober dan mengatur panggung untuk pembicaraan virtual yang diharapkan dalam beberapa minggu mendatang antara Presiden Joe Biden dan Xi Jinping.



Sejak bulan lalu, AS dan China juga telah mengadakan pembicaraan antara kepala pertahanan, keuangan dan keamanan nasional mereka, dan komandan militer tertinggi.

Global Times yang dikelola pemerintah China, yang dikenal karena kritiknya terhadap Amerika Serikat, menulis bahwa interaksi yang berkembang "menggarisbawahi konsensus kedua belah pihak untuk menghindari meningkatnya konfrontasi."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)