Sejarah Kerajaan Champa di Vietnam dan Kaitan Eratnya dengan Majapahit

Jum'at, 08 Juli 2022 - 13:46 WIB
loading...
A A A
Sejarah mencatat, Kerajaan Lin-yi-Champa diserang pasukan dari Jawa pada paruh kedua abad ke-8. Waktu penyerangan itu hampir bersamaan dengan invasi yang dilakukan oleh Kerajaan Angkor asal Kamboja.

Setelahnya, Champa dikenal sebagai sebuah kerajaan di bawah pemerintahan Indravarman II dan memiliki ibu kota bernama Indrapura.

Setelah abad ke-10, kerajaan ini tak lagi menganut Budha karena Islam mulai berkembang. Apalagi, pengaruh agama ketika itu sangat mudah terjadi dan tak terbendung.

Mulai abad ke-17, banyak keluarga bangsawan di Kerajaan Champa yang beragama Islam. Tak heran jika Islam menjadi agama yang dianut oleh Suku Champ.

Eksistensi Kerajaan Champa mulai tak terlihat di sekitar abad ke-17 sampai akhir abad ke-19. Kerajaan Champa runtuh bersamaan dengan hancurnya Panduranga, ibu kota Champa.

Satu hal yang masih menarik perhatian hingga kini adalah pernikahan putri Champa bernama Dewi Drawarati dengan Prabu Brawijaya V dari Majapahit.

Dari sinilah kisah awal masuknya Islam ke Majapahit. Sebab, putri Champa diketahui sebagai seorang muslim.

Selain itu, keberadaan putri Champa di Nusantara juga mengundang banyak imigran asal Champa untuk datang ke Majapahit. Peristiwa ini diperkirakan terjadi sekitar tahun 1476 hingga 1478.

Pernikahan Raja Majapahit dengan putri Champa tersebut dirayakan besar-besaran di Champa. Tak ketinggalan, pesta mewah juga dihelat di Majapahit.

Setelah itu, Prabu Brawijaya memilih untuk masuk Islam dan mengabaikan nasihat Sabda Palon.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1779 seconds (0.1#10.140)