PM Inggris Tunjuk Pria Kelahiran Irak Jadi Menteri Keuangan

Rabu, 06 Juli 2022 - 12:00 WIB
loading...
PM Inggris Tunjuk Pria Kelahiran Irak Jadi Menteri Keuangan
PM Inggris Tunjuk Pria Kelahiran Irak Jadi Menteri Keuangan. FOTO/Reuters
A A A
LONDON - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menunjuk Nadhim Zahawi (55) sebagai Menteri Keuangan pada Selasa (5/7/2022). Zahawi menggantikan Rishi Sunak, yang sebelumnya mundur dari posisi Menteri Keuangan sebagai sikap protes atas kepemimpinan Johnson.

Posisi Zahawi sebelumnya adalah sekretaris pendidikan. Ia digantikan sebagai Sekretaris Pendidikan oleh Michelle Donelan, sebelumnya Menteri Pendidikan Junior.



Zahawi mewarisi ekonomi yang kemungkinan menuju perlambatan tajam atau bahkan resesi, dan akan segera menghadapi tekanan untuk berbuat lebih banyak guna membantu rumah tangga yang kesulitan dan menurunkan pajak yang berada di jalur untuk mencapai level tertinggi dalam beberapa dekade.

Zahawi sebelumnya adalah sekretaris pendidikan. Ia digantikan sebagai sekretaris pendidikan oleh Michelle Donelan, sebelumnya menteri pendidikan junior.

Sebelum menduduki beberapa posisi di pemerintahan Inggris, masa lalu Zahawi cukup menarik untuk disimak. Nadhim lahir di Baghdad, Irak dari orang tua Kurdi pada tahun 1967. Di bawah ancaman penganiayaan dari rezim Saddam Hussein, keluarganya berimigrasi ke Inggris ketika dia berusia 9 tahun. Dia dibesarkan di Sussex dan dididik di King's College School di London Barat dan University College London dimana ia belajar Teknik Kimia.

Pada tahun 2000 ia mendirikan YouGov, sebuah perusahaan riset pasar terkemuka yang sejak itu menjadi terkenal karena keakuratan jajak pendapat politiknya. Dia juga meluncurkan perusahaan di London Stock Exchange pada tahun 2005 dan dinobatkan sebagai Pengusaha tahun ini oleh Ernst & Young pada tahun 2008.

Baca Juga: Uang Rusia akan Dibuat untuk Bangun Ukraina oleh Inggris
Pada Januari 2010 ia mundur dari YouGov untuk mencalonkan diri sebagai Anggota Parlemen untuk Stratford-on-Avon. Setelah memenangkan kursi, Nadhim terpilih menjadi anggota Komite Pemilihan Bisnis, Inovasi dan Keterampilan, yang meneliti dampak kebijakan pemerintah terhadap bisnis.

Pada tahun 2011 ia ikut menulis Masters of Nothing dengan sesama anggota parlemen Matt Hancock. Buku ini menceritakan perilaku manusia di balik kehancuran perbankan dan diakhiri dengan rekomendasi kebijakan yang dirancang untuk mencegah krisis di masa depan. Beberapa dari rekomendasi ini diadopsi oleh Pemerintah Koalisi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1819 seconds (0.1#10.140)