Peningkatan Kasus Virus Corona di Eropa Bikin WHO Khawatir

Kamis, 25 Juni 2020 - 23:34 WIB
loading...
Peningkatan Kasus Virus Corona di Eropa Bikin WHO Khawatir
Peningkatan kasus virus Corona di Eropa membuat WHO khawatir. Foto/Ilustrasi
A A A
JENEWA - Eropa untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan telah menyaksikan peningkatan kasus mingguan Covid-19 . Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kondisi ini terjadi dikarenakan berkurangnya pengekangan penyebaran virus Corona baru itu.

Direktur regional WHO Hans Henri Kluge mengatakan, di 11 negara, yang belum disebutkan namanya, percepatan transmisi telah menyebabkan kebangkitan yang "sangat signifikan."

"Peringatan tentang risiko kebangkitan telah menjadi kenyataan," katanya seperti dikutip dari BBC, Kamis (25/6/2020).

Jika dibiarkan, dia memperingatkan sistem kesehatan akan "didorong ke jurang."

Lebih dari 2,6 juta kasus Covid-19 dan 195.000 kematian telah dilaporkan di wilayah WHO Eropa, yang meliputi 54 negara dan tujuh wilayah di seluruh Eropa, Timur Tengah dan Asia Tengah.

Hampir 20.000 kasus baru dan lebih dari 700 kematian baru dicatat setiap harinya.

"Selama berminggu-minggu, saya telah berbicara tentang risiko kebangkitan ketika negara-negara menyesuaikan langkah-langkahnya," ujar Kluge.

"Di beberapa negara di Eropa, risiko ini kini menjadi kenyataan - 30 negara telah melihat peningkatan dalam kasus kumulatif baru selama dua minggu terakhir," imbuhnya.

"Di 11 negara ini, transmisi yang dipercepat telah menyebabkan kebangkitan yang sangat signifikan sehingga jika dibiarkan akan mendorong sistem kesehatan ke jurang sekali lagi," ungkapnya.

Kluge mengatakan negara-negara seperti Polandia, Jerman, Spanyol dan Israel dengan cepat merespons wabah berbahaya yang terkait dengan sekolah, tambang batu bara, serta pengaturan produksi makanan, dan mengendalikan mereka melalui intervensi cepat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1890 seconds (0.1#10.140)