Ukraina Balas Merudal Rusia, 4 Tewas dan Beberapa Lainnya Terluka

Senin, 04 Juli 2022 - 07:54 WIB
loading...
Ukraina Balas Merudal Rusia, 4 Tewas dan Beberapa Lainnya Terluka
Bangunan rumah di Belgorod, Rusia, hancur setelah serangan rudal dari Ukraina. Foto/Yevgeny Silantyev/TASS
A A A
BELGOROD - Ukraina membalas invasi dengan meluncurkan serangan rudal ke wilayah Belgorod, Rusia , pada Minggu. Empat orang tewas dan beberapa lainnya terluka.

Ini merupakan serangan balasan paling mematikan yang menghantam wilayah Rusia sejak invasi ke Ukraina dimulai 24 Februari 2022.

Serangan beberapa rudal, yang terjadi pada Minggu dini hari, merusak 11 blok apartemen dan 39 rumah di Belgorod. Demikian pernyataan gubernur setempat, Vyacheslav Gladkov, di Telegram.

“Serangkaian ledakan keras terdengar di Belgorod. Sebuah rumah pribadi terbakar di Jalan Mayakovskaya 23. Semua layanan darurat bekerja di tempat kejadian," lanjut Gladkov tak lama setelah pukul 04.00 pagi.



Sebuah video dari satu ledakan di Belgorod menunjukkan bola api besar naik ke langit gelap di belakang blok apartemen.

Kota-kota Rusia di sebelah perbatasan Ukraina telah mengalami serangkaian insiden seperti itu sejak awal invasi pada Februari, tetapi jumlah korban pada hari Minggu adalah yang tertinggi yang pernah tercatat.

"Pertahanan pesawat tempur Rusia menembak jatuh tiga rudal cluster Tochka-U yang diluncurkan oleh nasionalis Ukraina terhadap Belgorod," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov.

"Setelah penghancuran rudal Ukraina, puing-puing salah satunya jatuh di sebuah rumah," ujarnya, seperti dikutip dari The Moscow Times, Senin (4/7/2022).

Pihak Kiev belum mengaku bertanggung jawab atas serangan apa pun di wilayah Rusia, tetapi juga tidak secara resmi membantah berada di belakang serangan tersebut.

Pada hari Minggu, dua drone Ukraina ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara di atas wilayah Kursk, Rusia. Serangan drone ini dikonfirmasi gubernur wilayah Kursk, Roman Staravoit, di Telegram.

Sementara itu, di pihak Ukraina, puluhan warga sipil telah tewas dalam serangan Rusia di beberapa kota pada pekan lalu. Itu termasuk serangan roket di pusat perbelanjaan di Kremenchuk dan serangan di blok apartemen di Wilayah Odesa.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1542 seconds (0.1#10.140)