Palestina Serahkan Peluru yang Tewaskan Jurnalis Abu Akleh ke AS

Minggu, 03 Juli 2022 - 09:16 WIB
loading...
Palestina Serahkan Peluru yang Tewaskan Jurnalis Abu Akleh ke AS
Palestina serahkan peluru yang tewaskan jurnalis Al Jazeera Shireen Abu Akleh ke ahli forensik AS. Foto/Middle East Eye
A A A
YERUSALEM - Otoritas Palestina telah menyerahkan peluru yang menewaskan jurnalis terkemuka Al Jazeera keturunan Palestina-Amerika, Shireen Abu Akleh, kepada pihak berwenang Amerika Serikat (AS) untuk pemeriksaan forensik. Hal itu diungkapkan seorang pejabat Palestina .

Abu Akleh terbunuh pada 11 Mei lalu saat meliput serangan militer Israel di kota Jenin, Tepi Barat yang diduduki. Kematiannya memicu kemarahan Palestina dan kecaman internasional.

“Pihak-pihak terkait di negara Palestina setuju untuk mengizinkan pihak AS melakukan pekerjaan balistik pada peluru. (Peluru) itu diserahkan kepada mereka,” kata Akram al-Khatib, jaksa umum untuk Otoritas Palestina, dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh kantor berita resmi Palestina WAFA yang dikutip Middle East Eye, Minggu (3/7/2022).

Khatib mengatakan bahwa peluru itu diberikan kepada para ahli AS untuk pekerjaan teknis. Dia mengulangi penolakan Palestina untuk berbagi peluru itu dengan Israel.

Dia menambahkan bahwa Palestina menyambut baik partisipasi badan internasional untuk membantu Palestina mengkonfirmasi kebenaran.

"Kami percaya dan yakin dengan penyelidikan kami dan hasil yang telah kami capai," katanya.

Tidak ada komentar langsung dari pejabat diplomatik AS di Yerusalem.

Baca juga:I srael Kembali Desak Palestina Serahkan Peluru yang Menewaskan Abu Akleh

Investigasi oleh Otoritas Palestina dan PBB, serta beberapa penyelidikan jurnalistik, menemukan bahwa tembakan yang menewaskan Abu Akleh dilakukan oleh pasukan Israel.

"Kami menemukan bahwa tembakan yang membunuh Abu Akleh berasal dari pasukan keamanan Israel," kata juru bicara Kantor Hak Asasi Manusia PBB Ravina Shamdasani kepada wartawan di Jenewa.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1645 seconds (11.252#12.26)