AS Kirim NASAMS ke Ukraina, Sistem Rudal Canggih seperti yang Dimiliki Indonesia

Sabtu, 02 Juli 2022 - 05:38 WIB
loading...
AS Kirim NASAMS ke Ukraina, Sistem Rudal Canggih seperti yang Dimiliki Indonesia
AS persenjatai Ukraina dengan NASAMS, sistem rudal canggih seperti yang dimiliki Indonesia. Foto/Kongsberg
A A A
WASHINGTON - Pentagon mengumumkan Amerika Serikat (AS) mengirim dua sistem rudal NASAMS ke Ukraina untuk melawan invasi Rusia .

NASAMS (Norwegian Advanced Surface-to-Air Missile System) adalah sistem pertahanan rudal canggih buatan Kongsberg Norwegia dan Raytheon AS. Ini adalah sistem rudal yang juga dimiliki militer Indonesia.

Dalam pengumumannya hari Jumat yang dilansir Defense News, Sabtu (2/7/2022), Pentagon mengatakan dua sistem rudal NASAMS, empat radar kontra-artileri tambahan dan hingga 150.000 butir amunisi artileri 155mm dikirim ke Ukraina sebagai bagian dari paket bantuan senjata terbaru.

Paket bantuan, senilai sekitar USD820 juta, diumumkan secara luas oleh Presiden AS Joe Biden pada hari Kamis di Madrid setelah pertemuan para pemimpin NATO yang difokuskan pada invasi Rusia ke Ukraina.

Baca juga: Ukraina Inginkan Sistem Rudal Canggih NASAMS seperti yang Dimiliki Indonesia

Pentagon memberikan rincian lebih lanjut pada hari Jumat saat meresmikan pengumuman tersebut, dan mengatakan putaran terakhir bantuan keamanan juga termasuk amunisi tambahan untuk High Mobility Artillery Rocket Systems (HIMARS).

Bantuan baru AS dimaksudkan untuk mendukung Kiev saat menghadapi serangan berat artileri Rusia.

Kampanye serangan rudal jarak jauh Rusia yang ditingkatkan di kota-kota Ukraina telah terjadi ketika pasukannya berhasil di medan perang di wilayah timur, dengan serangan tanpa henti untuk mencoba memaksa Kiev menyerahkan dua provinsi kepada kubu separatis pro-Moskow.

Termasuk putaran bantuan terbaru, Amerika Serikat kini telah berkomitmen dalam memberikan bantuan sekitar USD6,9 miliar sejak pasukan Rusia masuk ke Ukraina pada 24 Februari dan membawa perang skala penuh kembali ke Eropa.

Apa Itu NASAMS?

Menurut laporan Asia Pacific Defense Journal, Indonesia menerima sistem pertahanan rudal Norwegian Advanced Surface to Air Missile System 2 (NASAMS 2) yang dipesannya dari Kongsberg Group Norwegia pada tahun 2017.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1106 seconds (10.55#12.26)