Rusia Peringatkan Tirai Besi Baru Dibentangkan di Seluruh Eropa

Jum'at, 01 Juli 2022 - 20:23 WIB
loading...
Rusia Peringatkan Tirai Besi Baru Dibentangkan di Seluruh Eropa
Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dan Menlu Belarusia Vladimir Makei menggelar konferensi pers di Minsk pada Kamis (30/6/2022). Foto/Belta/RIA Novosti
A A A
MINSK - "Tirai Besi" baru sedang dibentangkan di seluruh Eropa, kali ini oleh kekuatan Barat yang berusaha memotong Rusia dan Belarusia terkait konflik di Ukraina.

Pernyataan itu diungkapkan Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov saat bertemu Menlu Belarusia Vladimir Makei di Minsk pada Kamis (30/6/2022).

Lavrov mengatakan "Tirai Besi" baru sedang dibentangkan antara Moskow dan Barat di tengah invasi Kremlin ke Ukraina.

Baca juga: Mantan Menlu AS Kissinger Ungkap 3 Kemungkinan Hasil Akhir Konflik Ukraina

"Sejauh menyangkut Tirai Besi ... pada dasarnya itu sudah turun," papar Lavrov kepada wartawan selama konferensi pers di ibukota Belarusia, Minsk.

Lavrov mengatakan Uni Eropa (UE) menghancurkan hubungan dengan Moskow, yang dibangun selama beberapa dekade, praktis dalam semalam.

Baca juga: Anjurkan Setop Kirim Senjata, Dubes Ukraina Hina Para Intelektual Jerman

Menlu Belarusia Vladimir Makei menambahkan, "Tirai Besi sekarang sedang didirikan oleh orang Barat sendiri."

Dia mengklarifikasi bahwa dia mengacu tidak hanya pada pemutusan kontak politik dan ekonomi, tetapi juga pada penghalang fisik yang didirikan di sepanjang perbatasan Polandia-Belarusia.

Makei mengatakan isolasionisme itu sepihak, karena Belarusia terus mengadvokasi dialog dengan Barat dan mencari solusi diplomatik untuk berbagai masalah.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1379 seconds (10.177#12.26)