Rusia Keluar dari Pulau Ular, Ukraina Klaim Kemenangan

Kamis, 30 Juni 2022 - 23:19 WIB
loading...
Rusia Keluar dari Pulau Ular, Ukraina Klaim Kemenangan
Rusia Keluar dari Pulau Ular, Ukraina Klaim Kemenangan. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Pasukan Rusia telah meninggalkan posisi mereka di sebuah pulau yang direbut Ukraina . Langkah ini dianggap sebagai sebuah kemunduran besar dalam upaya invasi mereka di Ukraina.

Mundurnya tentara Moskow dari Pulau Ular juga dinilai melemahkan blokade Rusia terhadap pelabuhan-pelabuhan Ukraina, kata para pejabat pertahanan, Kamis (30/6/2022).



Pulau Ular menjadi simbol perlawanan Ukraina pada hari-hari pertama perang, ketika para pejuang Ukraina di pulau berbatu itu tak menghiraukan ancaman sebuah kapal perang Rusia yang meminta mereka menyerah.

Pulau itu juga merupakan target strategis, yang berada di samping jalur pelayaran di dekat pelabuhan Odessa, Ukraina. Rusia telah berusaha memasang rudal dan baterai pertahanan udara saat diserang oleh drone.

"Mereka selalu meremehkan kekalahan mereka dengan cara ini," kata Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba di Twitter, seperti dikutip dari AFP.



“Saya berterima kasih kepada para pembela wilayah Odessa yang mengambil tindakan maksimal untuk membebaskan bagian penting yang strategis dari wilayah kami,” kata Valeriy Zaluzhny, Panglima Militer Ukraina, di Telegram.

Dibanding masa awal invasi, kini Ukraina telah mulai menerima rudal jarak jauh dan perlengkapan militer dari pendukung Baratnya. Dan, posisi Rusia di Pulau Ular tampaknya menjadi tidak dapat dipertahankan.



"Pada akhirnya, akan terbukti tidak mungkin bagi (Presiden Vladimir) Putin untuk menahan negara yang tidak akan menerima pemerintahannya," kata Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. Ia menekankan bahwa kesepakatan damai pada akhirnya akan sesuai dengan persyaratan Ukraina.

"Kami telah melihat apa yang dapat dilakukan Ukraina untuk mengusir Rusia kembali. Kami telah melihat apa yang mereka lakukan di sekitar Kiev dan Kharkiv, sekarang di Pulau Ular," lanjutnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1995 seconds (0.1#10.140)