Putin: Meski Tujuan Tetap Sama, Taktik Dapat Berubah

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:25 WIB
loading...
A A A
Dia menekankan, “Kami selalu diberitahu bahwa NATO telah berubah, bahwa itu adalah blok politik sekarang, tetapi semua orang mencari peluang dan pembenaran untuk memberinya momentum baru sebagai organisasi militer khusus. Dan begitulah, mereka melakukannya.”

Menanggapi pertanyaan tentang Finlandia dan Swedia yang bergabung dengan blok tersebut, Putin mengatakan penggambaran Barat tentang ini sebagai kekalahan tujuan Rusia untuk menjauhkan NATO sepenuhnya salah.

“Kami tidak memiliki masalah dengan Swedia dan Finlandia yang sayangnya kami lakukan dengan Ukraina,” papar dia.

Dia menjelaskan, “Kami tidak memiliki perselisihan teritorial, kami tidak memiliki apa pun yang akan mengkhawatirkan kami sehubungan dengan keanggotaan NATO di Finlandia dan Swedia. Jika mereka mau, biarkan saja.”

“Mereka harus memahami dengan jelas bahwa mereka tidak memiliki ancaman sebelumnya, tetapi sekarang, jika pasukan militer dan infrastruktur berada di sana, kami akan dipaksa untuk membalas, dan menciptakan ancaman yang sama untuk wilayah kami," tutur Putin.

Dia memperingatkan, “Ini jelas. Apakah mereka tidak memahaminya? Semuanya baik-baik saja sebelumnya di antara kami, tetapi sekarang akan ada ketegangan, tentu saja, saya ulangi, jika kami diancam.”

Namun, Putin menggarisbawahi bahwa saat ini, Moskow tidak melihat potensi ancaman dari Stockholm dan Helsinki sebagai berbahaya seperti yang datang dari Kiev selama beberapa tahun terakhir.

“Bagi kami, Finlandia dan Swedia di NATO sama sekali berbeda dengan Ukraina di NATO,” ujar Putin.

Rusia mengirim pasukan ke Ukraina pada 24 Februari, dengan alasan kegagalan Kiev mengimplementasikan perjanjian Minsk, yang dirancang untuk memberi wilayah Donetsk dan Lugansk status khusus di dalam negara Ukraina.

Protokol, yang ditengahi oleh Jerman dan Prancis, pertama kali ditandatangani pada 2014. Mantan Presiden Ukraina Petro Poroshenko sejak itu mengakui tujuan utama Kiev adalah menggunakan gencatan senjata untuk mengulur waktu dan “menciptakan angkatan bersenjata yang kuat.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1405 seconds (0.1#10.140)