Moskow Desak Kiev Berhenti Intimidasi Wartawan Rusia

Rabu, 29 Juni 2022 - 22:15 WIB
loading...
Moskow Desak Kiev Berhenti Intimidasi Wartawan Rusia
Moskow Desak Kiev Berhenti Intimidasi Wartawan Rusia. FOTO/TASS
A A A
MOSKOW - Rezim Kiev dan Dinas Khusus Ukraina harus berhenti mencoba mengintimidasi wartawan Rusia melalui upaya pembunuhan dan provokasi. Hal itu diungkapkan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, Rabu (29/6/2022).

"Dinas Keamanan Ukraina telah bekerja sangat erat di lingkungan jurnalistik untuk waktu yang lama, muncul dengan tindakan provokatif yang mengerikan, bersiap untuk membunuh jurnalis Rusia," kata Zakharova, seperti dikutip dari TASS.



"Dengan mencoba mengintimidasi jurnalis kami dengan 'hukuman' mereka, Rezim Kiev menunjukkan segi baru pelanggaran hukum dan misantropi. Berhenti mengintimidasi orang-orang yang bekerja di media, berhenti mengancam mereka," lanjutnya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia itu mengatakan, dalam hal ini ancaman yang dibuat oleh Presiden Ukraina Vladimir Zelensky dalam pidato video Selasa malam, di mana ia berjanji untuk "menghukum" wartawan Rusia karena berdedikasi untuk melakukan tugas profesional mereka.

"Ini menunjukkan bahwa pidato Zelensky dengan ancaman yang disebutkan, diumumkan tepat setelah presiden Ukraina mencoba menuduh negara kita melakukan terorisme dari tribun PBB," kata diplomat itu.



"Saya melihat analogi dengan tindakan teroris Nazi Ukraina, digagalkan pada bulan April, dengan tujuan untuk melenyapkan beberapa perwakilan terkemuka dari media Rusia. Serangan itu direncanakan dan dilakukan di bawah koordinasi Dinas Khusus Ukraina dan dengan sepengetahuan rekan Barat mereka," lanjutnya.

Zakharova menunjukkan bahwa di Ukraina, "di mana Barat telah menjalankan protektoratnya selama bertahun-tahun, pembunuhan wartawan belum diselidiki sama sekali".


"Lagi pula, Anda hidup di abad ke-21, dan segala sesuatu yang Anda pikir dapat Anda lakukan di negara Anda tidak dapat diterima di negara kami dan di seluruh dunia, yang Anda anggap beradab," katanya kepada Zelensky.

"Semua kejahatan Rezim Kiev didokumentasikan secara menyeluruh, dan semua pelaku akan dibawa ke pengadilan dan akan menderita hukuman yang pantas mereka terima, sebagaimana ditetapkan oleh hukum," tandas Zakharova.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)