Delapan Rudal Rusia Hantam Kota Mykolaiv, 3 Orang Tewas

Rabu, 29 Juni 2022 - 15:44 WIB
loading...
Delapan Rudal Rusia Hantam Kota Mykolaiv, 3 Orang Tewas
Delapan Rudal Rusia Hantam Kota Mykolaiv, 3 Orang Tewas. FOTO/Reuters
A A A
KREMENCHUK - Serangan rudal Rusia menewaskan sedikitnya tiga orang di sebuah bangunan perumahan di Ukraina selatan pada Rabu (29/6/2022). Serangan terjadi saat pencarian puluhan orang yang hilang di pusat perbelanjaan sedang dilakukan.

“Delapan rudal menghantam kota selatan Mykolaiv, termasuk sebuah gedung apartemen,” kata Walikota Oleksandr Senkevych, seperti dikutip dari Reuters.



Serangan rudal ini terjadi hanya beberapa hari setelah Ukraina mengatakan hantaman rudal Rusia menewaskan sedikitnya 18 orang di sebuah mal di pusat kota Kremenchuk. Foto-foto dari Mykolaiv menunjukkan asap mengepul dari sebuah bangunan empat lantai dengan lantai atas sebagian hancur.

Ukraina menuding Rusia telah membunuh warga sipil dengan sengaja ketika menggempur mal di Kremenchuk. Sementara Moskow mengatakan, mal itu kosong dan rudal mengenai depot senjata di dekatnya.

"Rudal Rusia mengenai lokasi ini dengan tepat. Jelas bahwa pembunuh Rusia menerima koordinat yang tepat itu," kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy dalam pidato video malam. "Mereka ingin membunuh sebanyak mungkin orang," lanjutnya.



Lebih jauh ke timur di Lysychansk, wilayah Luhansk, medan pertempuran utama dalam serangan Rusia di jantung industri Donbas, gubernur melaporkan peningkatan aksi militer.

"Situasi di Lysychansk sangat sulit," kata Gubernur Luhansk Serhiy Haidai di televisi. "Rusia menggunakan setiap senjata yang tersedia untuk mereka dan tanpa membedakan apakah target militer atau bukan - sekolah, taman kanak-kanak, lembaga budaya," katanya.

"Semuanya sedang dihancurkan. Ini adalah kebijakan bumi hangus," lanjut Haidai. Pihak Ukraina menuding pasukan Rusia berusaha mengepung Lysychansk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1276 seconds (0.1#10.140)