Departemen Keuangan AS Terapkan Larangan Impor Emas Rusia

Rabu, 29 Juni 2022 - 14:52 WIB
loading...
Departemen Keuangan AS Terapkan Larangan Impor Emas Rusia
Departemen Keuangan AS Terapkan Larangan Impor Emas Rusia. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) telah memberlakukan larangan impor emas dari Rusia . Perintah untuk itu telah diterbitkan di situs web Departemen Keuangan AS.

"Impor emas asal Federasi Rusia ke Amerika Serikat dilarang, kecuali sejauh yang ditentukan oleh hukum, atau kecuali dilisensikan atau disahkan oleh OFAC," kata dokumen itu, seperti dikutip dari TASS, Selasa (28/6/2022).



"Penetapan ini tidak termasuk emas asal Federasi Rusia yang terletak di luar Federasi Rusia sebelum hari ini," lanjut catatan Departemen Keuangan AS. Perintah mulai berlaku sejak saat publikasi.

Departemen Keuangan AS mencatat bahwa larangan tersebut khususnya berlaku untuk semua transaksi terkait emas yang melibatkan Bank Sentral Federasi Rusia, Dana Kekayaan Nasional, dan Kementerian Keuangan Rusia.

Sebelumnya, AS mengatakan, kelompok negara-negara G7 akan melarang impor emas Rusia dengan tujuan memperketat sanksi terhadap Moskow dan melumpuhkan upaya perangnya di Ukraina.



"Bersama-sama, G7 akan mengumumkan bahwa kami akan melarang impor emas Rusia, ekspor utama yang menghasilkan puluhan miliar dolar untuk Rusia," kata Presiden Joe Biden di Twitter, seperti dikutip dari AFP.

Langkah itu awalnya ditandai oleh Inggris, sebagai tindakan bersama yang diambil bersama dengan sesama anggota G7 Kanada, Jepang, dan Amerika Serikat. Namun, anggota G7 lainnya, yang mengadakan pertemuan puncak di Jerman, juga akan bergabung dengan pengungkapan resmi sanksi pada hari Selasa, kata seorang pejabat senior AS.

"Anda akan melihatnya pada hari Selasa. Ini akan menjadi prinsip G7 yang diartikulasikan," kata pejabat itu, yang berbicara kepada wartawan tanpa menyebut nama.



Menurut pejabat G7, dengan ekonominya yang sudah berada di bawah tekanan besar dari sanksi Barat terhadap bank, perusahaan energi, maskapai penerbangan, barang-barang berteknologi tinggi dan konsumen, tersedaknya pasar emas akan memiliki dampak yang signifikan.

“Mengingat peran sentral London dalam perdagangan emas internasional, langkah ini akan memiliki jangkauan global, menutup komoditas dari pasar internasional formal," kata Inggris.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1512 seconds (0.1#10.140)