Pemerintah Skotlandia Umumkan Rencana Referendum Kemerdekaan

Rabu, 29 Juni 2022 - 00:58 WIB
loading...
A A A
Pemilihan umum diharapkan dalam beberapa bulan setelah tanggal yang dipilih untuk referendum. Sturgeon mengatakan jika tidak ada cara hukum untuk mengadakan referendum, Partai Nasional Skotlandia-nya akan bertarung dalam pemilu berikutnya dengan satu isu apakah Skotlandia harus merdeka.



Johnson kemudian menanggapi dengan bersikeras bahwa fokus Sturgeon harus pada ekonomi, karena ia berpendapat Inggris memiliki ekonomi yang lebih kuat dan negara yang lebih kuat jika bersama-sama.

PM Inggris itu mengatakan kepada wartawan bahwa dia belum "melihat persis apa yang Sturgeon katakan" ketika dia melakukan perjalanan ke Madrid untuk KTT NATO, ketika ditanya tentang rencana Sturgeon Oktober 2023.

“Kami akan mempelajarinya dengan sangat hati-hati dan kami akan merespons dengan baik,” ucap Johnson.

“Fokus negara harus pada membangun ekonomi yang lebih kuat, itulah yang kami lakukan dengan rencana kami untuk ekonomi yang lebih kuat dan saya tentu berpikir bahwa kita akan dapat memiliki ekonomi yang lebih kuat dan negara yang lebih kuat bersama-sama,” ia menambahkan.

Sementara itu seorang juru bicara Downing Street mengatakan perdana menteri Inggris itu terus berpikir ini bukan waktunya untuk berbicara tentang referendum.



Ia menolak untuk mengatakan apakah perdana menteri Inggris akan membuka negosiasi untuk kemerdekaan jika Skotlandia memilih untuk itu.

"Kami jelas tidak akan masuk ke hipotetis," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1287 seconds (0.1#10.140)