Penerbangan Haji Langsung dari Israel ke Arab Saudi Diusulkan untuk Normalisasi

Selasa, 28 Juni 2022 - 21:11 WIB
loading...
Penerbangan Haji Langsung dari Israel ke Arab Saudi Diusulkan untuk Normalisasi
Jamaah haji di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, 24 Juni 2022. Foto/Ashraf Amra/Anadolu Agency
A A A
RIYADH - Penerbangan haji langsung dari Israel ke Arab Saudi menjadi salah satu item yang sedang dipertimbangkan dalam pembicaraan yang ditengahi Amerika Serikat (AS) menjelang perjalanan Presiden Joe Biden ke Timur Tengah bulan depan.

Tujuan dari diskusi, yang telah berlangsung selama beberapa pekan adalah memudahkan Riyadh menuju hubungan normal dengan Israel.

Tim Biden dikatakan panik untuk membuat perjalanan presiden AS itu sukses. Setelah bersumpah menjadikan Arab Saudi sebagai "negara paria" dan menganggap Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman bertanggung jawab atas pembunuhan 2018 jurnalis Washington Post Jamal Khashoggi, Biden sangat menyadari perlunya membenarkan pembalikan kebijakan kontroversialnya.

Baca juga: Penangkapan Jurnalis Muslim di India Picu Kemarahan Baru

Pengamat mengatakan, memberi Israel hadiah normalisasi dengan Arab Saudi akan sangat membantu presiden yang tertekan untuk melakukan hal itu.

"Jelas bahwa dimensi Saudi-Israel merupakan bagian integral dari perjalanan itu," ungkap David Makovsky dari Institut Washington untuk Kebijakan Timur Dekat, seperti dilaporkan Financial Times.

"Dan itu memberi presiden prisma tertentu untuk mengatakan bahwa dia akan melakukan perjalanan," ujar dia.

Baca juga: Kremlin: Serangan Rusia akan Berakhir Saat Ukraina Menyerah

Penerbangan langsung untuk jamaah haji dari Israel ke Arab Saudi adalah proposal yang mudah dicapai, dan tim Biden percaya itu adalah sesuatu yang dapat dibicarakan selama diskusi tanpa banyak perlawanan dari Riyadh.

Warga muslim Palestina Israel saat ini diharuskan terbang ke Arab Saudi melalui Amman di Yordania jika akan menunaikan ibadah haji.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2856 seconds (11.252#12.26)