5 Negara yang Tidak Memihak Rusia dan Ukraina, Salah Satunya Indonesia

Selasa, 28 Juni 2022 - 19:06 WIB
loading...
5 Negara yang Tidak Memihak Rusia dan Ukraina, Salah Satunya Indonesia
Tentara Rusia menjinakkan ranjau di kawasan pabrik baja Azovstal, Mariupol, 22 Mei 2022. Foto/REUTERS/Alexander Ermochenko
A A A
NEW DELHI - Invasi Rusia ke Ukraina banyak mendapat tentangan dari berbagai negara seperti Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa (UE). Konflik yang tak kunjung reda ini bahkan sempat diperkirakan bisa menyulut Perang Dunia.

Melansir vox.com, ketika PBB hendak mengeluarkan Rusia dari Dewan Hak Asasi Manusia dan membuat pemungutan suara, 93 negara mendukung putusan ini, 58 abstain atau netral dan 24 memilih menentang.

Selain itu terdapat 141 negara yang menentang invasi Rusia dan 140 negara mendukung perlindungan untuk Ukraina.

Kubu-kubu itu masing masing memiliki caranya tersendiri. Mereka juga memiliki alasan tersendiri mengapa memilih netral ataupun memberi dukungan ke salah satu negara.

Inilah 5 negara yang tidak memihak Rusia dan Ukraina:

1. India

India termasuk negara yang tidak mendukung negara manapun terkait konflik Rusia dengan Ukraina. Meskipun begitu India juga berharap Rusia menghormati hukum internasional.

India memang memiliki hubungan diplomatik dengan Rusia. Sehingga negara ini tidak ingin melawan Rusia karena untuk mempertahankan hubungan baik dengan negara Beruang Merah tersebut.

Dikabarkan Rusia menjadi negara pemasok senjata terbesar di India. Meskipun sempat turun menjadi 49% yang tadinya 70%.

Dalam hal ini India memilih gerakan non-blok untuk menyelesaikan masalah tersebut. Ini membuat India menjadi negara yang tidak mendukung Rusia meskipun memiliki hubungan baik. Karena India juga tidak setuju dengan invasi yang dilakukan Moskow.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1145 seconds (10.101#12.26)