Negara yang Warganya Pernah Dilarang Arab Saudi untuk Haji karena Konflik Politik

Senin, 27 Juni 2022 - 18:23 WIB
loading...
A A A
Arab Saudi memberlakukan kuota calon jamaah untuk setiap negara berdasarkan populasi negara tersebut. Dibutuhkan visa khusus untuk mengunjungi Mekkah.

Setelah adanya diskusi antara Kementerian Luar Negeri Suriah dengan Kementerian Haji dan Urusan Agama Saudi, diputuskan warga Suriah dilarang untuk memasuki Mekkah.

Hal ini disebabkan karena adanya syarat yang tidak terpenuhi, yaitu politisasi haji oleh otoritas Saudi.

3. Iran

Negara Iran sempat tidak mengirim warganya untuk naik haji. Pada tahun 2016, pemerintah Iran memberikan keterangan resmi bahwa mereka akan menunda mengirim warganya untuk menunaikan ibadah haji ke Arab Saudi di tahun tersebut.

Arab Saudi rupanya memutuskan hubungan diplomatik akibat sejumlah penyerangan di kompleks diplomatik Arab Saudi terletak di Iran.

Penyerangan tersebut dipicu orang-orang yang marah karena Arab Saudi telah mengeksekusi seorang ulama Syiah terkemuka, yang sebelumnya dinyatakan bersalah karena terorisme.

Iran juga sempat menuduh Arab Saudi telah “membunuh” jamaah haji yang meninggal dalam peristiwa desak-desakan tahun 2015 lalu.

Iran menuduh pemerintah Arab Saudi menelantarkan jamaah yang terluka dengan memasukannya dalam kontainer terkunci dan tidak memberikan perawatan medis.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1603 seconds (0.1#10.140)