Penembakan Guncang Kelab Malam Gay Oslo, 2 Tewas, 14 Terluka

Sabtu, 25 Juni 2022 - 13:20 WIB
loading...
Penembakan Guncang Kelab Malam Gay Oslo, 2 Tewas, 14 Terluka
Pasukan polisi berjaga di sekitar kelab malam gay The London Pub di Oslo, Norwegia, setelah penembakan massal terjadi Sabtu (25/6/2022) dini hari. Foto/ Javad Parsa/NTB/via REUTERS
A A A
OSLO - Dua orang tewas dan 14 lainnya terluka dalam penembakan di sebuah kelab malam gay dan di jalan-jalan terdekat di Ibu Kota Norwegia , Oslo, Sabtu (25/6/2022) dini hari.

Seorang tersangka yang diyakini sebagai satu-satunya pelaku telah ditangkap.

Menurut laporan lembaga penyiaran publik NRK, tersangka tidak kooperatif saat hendak ditangkap petugas polisi.

Lokasi penembakan awalnya terjadi di The London Pub dan merembet ke kelab malam sebelahnya dan seterusnya hingga jalan-jalan terdekat.

Juru bicara polisi, Tore Barstad, mengatakan kepada surat kabar Aftenposten bahwa tersangka ditangkap beberapa menit setelah beraksi.

Baca juga: Mahasiswi Berjilbab Tewas Diberondong Tembakan di Kampusnya

The London Pub adalah bar gay dan klub malam yang populer di pusat Oslo.

"Saya melihat seorang pria datang dengan tas, dia mengambil pistol dan mulai menembak," kata jurnalis Olav Roenneberg dari NRK.

Tidak segera jelas apa motif serangan itu.

Oslo akan mengadakan Pride Parade—pawai untuk lesbian, gay biseksual, dan transgender (LGBT)—tahunan pada hari Sabtu, hanya beberapa bulan setelah Norwegia menandai 50 tahun sejak penghapusan undang-undang yang mengkriminalisasi hubungan seks gay.

"Serangan ini adalah serangan yang mengerikan dan sangat mengejutkan terhadap orang-orang yang tidak bersalah," kata Perdana Menteri Jonas Gahr Stoere dalam sebuah pernyataan kepada kantor berita Norwegia, NTB.

"Kami belum tahu apa yang ada di balik tindakan mengerikan ini, tetapi kepada orang-orang yang takut dan berduka, saya ingin mengatakan bahwa kami berdiri bersama Anda."

Dua orang dipastikan tewas dan sekitar 14 orang dibawa ke rumah sakit, beberapa mengalami luka parah.

Foto-foto yang diterbitkan oleh surat kabar VG, penyiar NRK dan lainnya menunjukkan sekelompok besar responden darurat di luar The London Pub, termasuk polisi dan pekerja ambulans.

Helikopter melayang di atas Oslo tengah sementara sirene ambulans dan mobil polisi terdengar di seluruh kota.

Rumah sakit universitas Oslo mengatakan telah siaga merah setelah penembakan itu.
(min)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1695 seconds (11.252#12.26)