Wabah Penyakit Meningokokus Melanda AS, Dialami Pria Gay dan Biseksual

Sabtu, 25 Juni 2022 - 05:01 WIB
loading...
Wabah Penyakit Meningokokus Melanda AS, Dialami Pria Gay dan Biseksual
Para pelajar menggelar pawai mendukung hak gay di Florida, AS. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) dan Departemen Kesehatan Florida sedang menyelidiki salah satu wabah penyakit meningokokus terburuk dalam sejarah AS di antara pria gay dan biseksual.

Otoritas AS mendesak warga mendapatkan vaksinasi untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut.

Dalam pernyataan yang dirilis pada Rabu (22/6/2022), CDC mengklaim ada 27 kasus dan enam kematian akibat penyakit meningokokus di Florida sejak April 2022.

Baca juga: 2.000 Tentara Ukraina Dikepung Pasukan Rusia dan Milisi Donbass

“Di antara kasus-kasus itu, enam kematian dan 24 infeksi terjadi pada pria yang berhubungan seks dengan pria serta orang yang hidup dengan HIV,” ungkap laporan CDC, dilansir RT.com.

Penyakit meningokokus termasuk meningitis adalah infeksi pada lapisan otak dan sumsum tulang belakang serta infeksi aliran darah, yang keduanya dapat dengan cepat menjadi fatal.

Baca juga: Raja Yordania Abdullah II Dukung Gagasan NATO Timur Tengah

Bakteri menyebar melalui berbagi sekresi pernapasan atau tenggorokan seperti air liur atau ludah, dan biasanya membutuhkan waktu paparan lama untuk menyebar misalnya karena berciuman atau dekat dengan seseorang yang batuk.

“Penyakit meningokokus dapat menyerang siapa saja dan dapat mematikan,” ungkap CDC memperingatkan publik.

CDC mencatat ada tiga serogrup bakteri meningokokus yang menyebabkan sebagian besar kasus di Amerika Serikat yakni B, C, dan Y.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1121 seconds (10.55#12.26)