Raja Yordania Abdullah II Dukung Gagasan NATO Timur Tengah

Sabtu, 25 Juni 2022 - 00:01 WIB
loading...
Raja Yordania Abdullah II Dukung Gagasan NATO Timur Tengah
Raja Abdullah II dari Yordania. Foto/REUTERS
A A A
AMMAN - Raja Abdullah II dari Yordania mendukung gagasan aliansi militer Timur Tengah yang dibangun di atas garis yang sama dengan NATO.

Berbicara kepada Hadley Gamble dari CNBC, Raja Abdullah mengatakan kelompok semacam itu dapat bekerja dengan negara-negara yang berpikiran sama, tetapi menekankan pernyataan misinya harus jelas sejak awal.

“Saya ingin melihat lebih banyak negara di kawasan itu masuk ke dalam campuran itu. Saya akan menjadi salah satu orang pertama yang akan mendukung NATO Timur Tengah,” papar Abdullah.

Baca juga: Pejabat Senior Iran: Zionis Israel Murid Setan yang Paling Hebat

“Pernyataan misi harus sangat, sangat jelas. Kalau tidak, itu membingungkan semua orang,” ujar dia.

Raja Abdullah mengatakan dia sudah melihat negaranya sebagai "mitra" NATO, dengan Yordania telah bekerja erat dengan organisasi itu dan pasukannya telah berperang "bahu-bahu" dengan pasukan NATO di masa lalu.

Baca juga: Ilmuwan Nuklirnya Dihabisi, Iran Tuntut AS Bayar Kompensasi Rp59 Triliun

Menurut dia, selain kerja sama keamanan dan militer, aliansi yang lebih erat di Timur Tengah dapat membantu mengatasi tantangan yang timbul dari invasi Rusia ke Ukraina, terutama yang berkaitan dengan energi dan harga komoditas.

“Kita semua berkumpul dan mengatakan ‘bagaimana kita bisa saling membantu?’ yang menurut saya sangat tidak biasa di kawasan ini,” ujar dia.

“Jika saya baik-baik saja dan Anda tidak, saya akan membayar harganya. Saya berharap apa yang Anda lihat pada tahun 2022 adalah getaran baru ini, saya kira, di wilayah ini untuk mengatakan, 'bagaimana kita bisa terhubung satu sama lain dan bekerja dengan satu sama lain?'” papar dia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1075 seconds (10.55#12.26)