Raja Yordania Abdullah II Dukung Gagasan NATO Timur Tengah

Sabtu, 25 Juni 2022 - 00:01 WIB
loading...
Raja Yordania Abdullah II Dukung Gagasan NATO Timur Tengah
Raja Abdullah II dari Yordania. Foto/REUTERS
A A A
AMMAN - Raja Abdullah II dari Yordania mendukung gagasan aliansi militer Timur Tengah yang dibangun di atas garis yang sama dengan NATO.

Berbicara kepada Hadley Gamble dari CNBC, Raja Abdullah mengatakan kelompok semacam itu dapat bekerja dengan negara-negara yang berpikiran sama, tetapi menekankan pernyataan misinya harus jelas sejak awal.

“Saya ingin melihat lebih banyak negara di kawasan itu masuk ke dalam campuran itu. Saya akan menjadi salah satu orang pertama yang akan mendukung NATO Timur Tengah,” papar Abdullah.



“Pernyataan misi harus sangat, sangat jelas. Kalau tidak, itu membingungkan semua orang,” ujar dia.

Raja Abdullah mengatakan dia sudah melihat negaranya sebagai "mitra" NATO, dengan Yordania telah bekerja erat dengan organisasi itu dan pasukannya telah berperang "bahu-bahu" dengan pasukan NATO di masa lalu.



Menurut dia, selain kerja sama keamanan dan militer, aliansi yang lebih erat di Timur Tengah dapat membantu mengatasi tantangan yang timbul dari invasi Rusia ke Ukraina, terutama yang berkaitan dengan energi dan harga komoditas.

“Kita semua berkumpul dan mengatakan ‘bagaimana kita bisa saling membantu?’ yang menurut saya sangat tidak biasa di kawasan ini,” ujar dia.

“Jika saya baik-baik saja dan Anda tidak, saya akan membayar harganya. Saya berharap apa yang Anda lihat pada tahun 2022 adalah getaran baru ini, saya kira, di wilayah ini untuk mengatakan, 'bagaimana kita bisa terhubung satu sama lain dan bekerja dengan satu sama lain?'” papar dia.

Raja juga membahas ancaman destabilisasi Iran terhadap keamanan kawasan dan krisis Israel-Palestina, yang keduanya menurutnya berpotensi mengganggu rencana pembangunan di kawasan itu.

“Jika mereka tidak berbicara satu sama lain, itu menciptakan ketidakamanan dan ketidakstabilan di kawasan yang akan memengaruhi proyek-proyek regional,” ungkap dia.

Dia menegaskan, “Tidak ada yang menginginkan perang, tidak ada yang menginginkan konflik.”

Dia menambahkan, masih harus dilihat apakah negara-negara di kawasan itu dapat bekerja menuju visi di mana “kemakmuran adalah nama permainannya.”

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1621 seconds (0.1#10.140)