Ajudan Pembawa Koper Nuklir Putin Ditembak Mati di Rumahnya

Kamis, 23 Juni 2022 - 10:04 WIB
loading...
Ajudan Pembawa Koper Nuklir Putin Ditembak Mati di Rumahnya
Presiden Rusia Vladimir Putin dikawal ajudan yang membawa koper komando serangan senjata nuklir. Ajudan itu dilaporkan tewas ditembak di apartemennya pada Senin lalu. Foto/East2West
A A A
MOSKOW - Seorang ajudan yang membawa koper kode komando serangan senjata nuklir Presiden Rusia Vladimir Putin ditemukan tewas di rumahnya. Sang ajudan tewas setelah ditembak dalam insiden yang masih misterius.

Ajudan Putin itu bernama Vadim Zimin (53). Dia merupakan kolonel yang pernah bertugas di Dinas Keamanan Federal (FSB) Rusia.

Dia telah menghadapi tuduhan menerima suap dalam pekerjaan barunya di dinas bea cukai setelah berhenti sebagai perwira di FSB.

Zimin selama ini bertanggung jawab atas koper yang berisi kode komando serangan senjata nuklir Rusia, yang selalu menyertai pemimpin Kremlin.

Baca juga: Putin Dikelilingi Ajudan dengan Koper Nuklir, Ini Penampakannya

Dia diketahui telah melakukan peran ini sebagai ajudan mantan Presiden Boris Yeltsin.

Zimin melanjutkan kariernya di FSB ke pangkat kolonel di bawah pengganti Yeltsin, Vladimir Putin. Tapi peran tepatnya tidak jelas sampai dia akhirnya berhenti dari tugasnya di FSB.

Dia ditemukan dengan luka tembak di dapur flatnya di Krasnogorsk, wilayah Moskow.

Zimin ditemukan oleh saudaranya, yang dilaporkan berada di kamar mandi pada saat penembakan terjadi hari Senin lalu.

Dia terbaring di genangan darah dengan luka tembak di kepala dan pistol Izh 79-9TM tergeletak di dekatnya. Belum jelas apakah dia ditembak mati orang tak dikenal atau justru bunuh diri.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1430 seconds (10.177#12.26)