Thailand Hendak Legalkan Pernikahan Sesama Jenis, Pertama di ASEAN

Kamis, 16 Juni 2022 - 11:19 WIB
loading...
Thailand Hendak Legalkan Pernikahan Sesama Jenis, Pertama di ASEAN
Thailand sedang bersiap untuk melegalkan pernikahan sesama jenis. Foto/REUTERS
A A A
BANGKOK - Thailand mengambil langkah menuju legalisasi pernikahan sesama jenis . Parlemen setempat sudah dijadwalkan untuk memberikan persetujuan awal, yang disambut meriah komunitas lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) di luar gedung Parlemen.

Thailand merupakan negara mayoritas pemeluk Buddha, namun komunitas LGBT tumbuh subur di sana.

Rancangan Undang-undang (RUU) legalisasi pernikahan sesama jenis di Thailand harus menghapus beberapa rintangan lagi sebelum menjadi undang-undang (UU). Jika berhasil, Thailand akan menjadi negara pertama di komunitas negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) yang mengakui serikat sesama jenis.

Majelis rendah sudah menyetujui dua RUU yang mengizinkan pernikahan sesama jenis dan juga dua RUU lainnya yang mengizinkan kemitraan sipil.



Sebuah komite anggota Parlemen sekarang akan meneliti RUU secara rinci dan mengkonsolidasikannya menjadi dua proposal, untuk memberi anggota Parlemen pilihan antara mendukung kemitraan sipil dan pernikahan sesama jenis.

Setelah pemungutan suara, sekelompok kecil aktivis yang antusias merayakan dengan riuh di luar gedung Parlemen, menangis, berpelukan dan mengibarkan bendera warna pelangi.

"Saya sangat senang dan gembira, ini adalah pertanda baik di bulan Kebanggaan (Pride) bahwa ada anggota Parlemen yang menginginkan kesetaraan dan memberikan suara untuk RUU itu," kata aktivis LGBT Nada Chaiyajit kepada AFP, yang dilansir Kamis (16/6/2022).

"Tapi jalan masih panjang," katanya lagi.

Pita Limjaroenrat, pemimpin oposisi Move Forward Party yang mengusulkan salah satu RUU pernikahan sesama jenis, mengatakan pemungutan suara harus memberi harapan kepada orang-orang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)