Agama Warga Negara India dan Persentasenya

Rabu, 15 Juni 2022 - 19:40 WIB
loading...
Agama Warga Negara India dan Persentasenya
Agama Warga Negara India dan Persentasenya. FOTO/Reuters
A A A
NEW DELHI - India merupakan salah satu negara di wilayah Asia Selatan yang terkenal dengan industri film Bollywood yang mendunia. Negara ini menduduki urutan kedua sebagai negara dengan penduduk terbanyak di dunia, dengan populasi kurang lebih 1.406.631.776 jiwa pada tahun 2022.

Selain itu, India juga dikenal sebagai negara dengan tingkat keragaman agama tertinggi di dunia. Apa saja agama-agama yang dianut warga India? Berdasarkan jurnal Impact of Culture and Religion on India’s Food Phosphorus Footprint oleh Dhar, dkk yang terbit 2020, berikut agama warga negara India dan persentasenya.

Baca: Pemimpin Kelompok Muslim India Imbau Pengikutnya Hindari Aksi Protes

1. Hindu
Tercatat ada 79% penduduk India yang memeluk agama Hindu. Diketahui, Hindu merupakan agama mayoritas penduduk India. Hal ini terlihat dari sejumlah arsitektur dan candi-candi yang berada di India.

2. Islam
Islam menempati urutan kedua sebagai agama mayoritas di India. Tercatat sebanyak 14% warga India memeluk agama Islam. Pemeluk agama Islam di India paling banyak berada di bagian negara Lakshadweep, Jammu and Kashmir.

3. Kristen
Agama Kristen menempati urutan ketiga dengan presentasi 3% dari seluruh rakyat India. Populasi pemeluk agama Kristen paling banyak ditemui di bagian Kerala, Nagaland, Mizoram dan Meghalaya.

Baca: India Sangat Tegang, 400 Muslim Ditangkap dalam Protes Penghinaan Nabi Muhammad

4. Buddha
Agama ajaran Buddha ini mempunyai 1% bagian dari seluruh penduduk India. Pemeluk agama Buddha paling banyak ada di Maharashtra. Hampir 90% pemeluk Navayana atau Neo-Buddha tinggal di negara bagian tersebut.

5. Sikh
Sikh merupakan kepercayaan yang menyembah satu Tuhan. Agama ini didirikan oleh para guru Sikh, yang dikenal sebagai pembimbing spiritual. Sikh percaya bahwa semua makhluk, termasuk manusia adalah setara. Berdasarkan sensus India pada tahun 2011, terdapat 1,7% penduduk India memeluk agama Sikh.

6. Jain
Jain merupakan agama yang mengajarkan bahwa kekerasan merupakan jalan menuju pencerahan hidup. Selain itu, agama Jain percaya bahwa pencerahan hidup dapat diraih dengan mengurangi bahaya pada makhluk hidup (termasuk tumbuhan dan hewan) sebanyak mungkin. Tercatat dalam sensus India tahun 2011, 0,4% penduduk India memeluk kepercayaan Jain.

Diolah dari berbagai sumber:
https://www.pewresearch.org/religion/2021/06/29/religion-in-india-tolerance-and-segregation/
https://www.pewresearch.org/fact-tank/2018/06/29/5-facts-about-religion-in-india/
https://culturalatlas.sbs.com.au/indian-culture/indian-culture-religion
(esn)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0862 seconds (10.55#12.26)