Badai Pasir Hantam Irak, Bandara Baghdad Lumpuh Total

Selasa, 14 Juni 2022 - 01:00 WIB
loading...
Badai Pasir Hantam Irak, Bandara Baghdad Lumpuh Total
Badai Pasir Hantam Irak, Bandara Baghdad Lumpuh Total. FOTO/Reuters
A A A
BAGHDAD - Irak menutup sementara bandara Baghdad pada Senin (13/6/2022), ketika awan debu yang mencekik menyelimuti ibu kota. Ini merupakan badai pasir terbaru yang melumpuhkan negara yang telah memperingatkan perubahan iklim akan menimbulkan "ancaman eksistensial."

Pada Senin pagi, debu putih tebal menutupi ibu kota Irak dan daerah sekitarnya, dengan jarak pandang berkurang hingga beberapa ratus meter (meter). Pejabat di bandara Baghdad mengumumkan penangguhan sementara penerbangan.



Seperti dilaporkan AFP, ini adalah badai debu kesepuluh sejak pertengahan April yang melanda Irak. Hantaman badai telah merusak degradasi tanah, kekeringan hebat, dan curah hujan rendah terkait dengan perubahan iklim.

Awal bulan ini, untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Presiden Barham Saleh memperingatkan bahwa mengatasi perubahan iklim harus menjadi prioritas nasional bagi Irak karena merupakan ancaman eksistensial bagi masa depan generasi kita yang akan datang.

Di Najaf, sebuah kota suci Syiah di Irak tengah, bandara tersebut menghentikan sementara operasi di pagi hari sebelum dibuka kembali beberapa jam kemudian ketika debu berlalu. Bandara terpaksa menangguhkan penerbangan beberapa kali karena badai pasir dalam beberapa pekan terakhir.



Pada bulan Mei, badai pasir mengirim ribuan orang ke rumah sakit dengan masalah pernapasan, dan menyebabkan satu orang meninggal.

Irak, yang memasuki musim panas yang terik ketika suhu kadang-kadang melampaui 50 derajat Celcius diperingkat oleh PBB sebagai salah satu dari lima negara paling rentan di dunia terhadap perubahan iklim dan penggurunan.

Kementerian lingkungan Irak telah memperingatkan bahwa selama dua dekade berikutnya Irak dapat menanggung rata-rata 272 hari badai pasir per tahun, meningkat menjadi di atas 300 pada tahun 2050.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1567 seconds (0.1#10.140)