Finlandia Tidak akan Gabung NATO Jika Tanpa Swedia

Senin, 13 Juni 2022 - 22:01 WIB
loading...
Finlandia Tidak akan Gabung NATO Jika Tanpa Swedia
Para pemimpin negara-negara NATO melihat instalasi digital di Brussels, Belgia, 14 Juni 2021. Foto/REUTERS
A A A
HELSINKI - Finlandia tidak akan bergabung dengan blok NATO tanpa Swedia jika Swedia menemui jalan buntu di jalur keanggotaannya.

Pernyataan itu diungkapkan Presiden Finlandia Sauli Niinisto. Dia membuat pernyataan selama konferensi pers bersama dengan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg di Helsinki pada Minggu (12/6/2022).

“Saya katakan bahwa kasus Swedia adalah milik kita. Artinya, kita akan melangkah lebih jauh,” ujar Niinisto.



Sekjen NATO, pada bagiannya, mengisyaratkan aliansi tersebut belum memberlakukan tenggat waktu untuk menerima tawaran Finlandia dan Swedia tetapi berusaha menghilangkan perbedaan antara mereka dan Turki “sesegera mungkin.”



Stoltenberg bersikeras pertemuan puncak aliansi yang akan datang, yang dijadwalkan akhir Juni, tidak pernah dilihat sebagai batas waktu untuk menerima dua calon anggota.



“Konferensi tingkat tinggi (KTT) di Madrid tidak pernah menjadi tenggat waktu; pada saat yang sama, saya ingin melihat ini diselesaikan sesegera mungkin. Dan oleh karena itu kami bekerja keras dengan Sekutu NATO kami, Turki, dan juga dengan Finlandia dan Swedia, untuk mengatasi masalah-masalah yang telah diangkat Turki,” ujar Stoltenberg.

Pernyataan Stoltenberg mengisyaratkan perubahan nyata dari sikap NATO pada kerangka waktu untuk potensi keanggotaan Finlandia dan Swedia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1894 seconds (0.1#10.140)