Sambut Hari Rusia, Kim Jong-un Tegaskan Dukungan Penuh pada Putin

Senin, 13 Juni 2022 - 16:38 WIB
loading...
Sambut Hari Rusia, Kim Jong-un Tegaskan Dukungan Penuh pada Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin menyambut Pemimpin Korut Kim Jong-un saat bertemu di Vladivostok, Rusia, 25 April 2019. Foto/Alexander Zemlianichenko/REUTERS
A A A
PYONGYANG - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un meyakinkan Presiden Rusia Vladimir Putin tentang "dukungan penuh" rakyatnya untuk upaya Moskow menjaga martabat, keamanan, dan hak untuk pembangunan negara.

Pernyataan Kim itu diungkapkan dalam pesan ucapan selamat pada Hari Rusia.

“Sikap teguh Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK atau Korut) adalah untuk menghargai hubungan antara kedua negara, yang telah diturunkan melalui ... sejarah," papar Kim pada Minggu (12/6/2022), dilansir RT.com.



“Di bawah kepemimpinan Anda, rakyat Rusia dengan berani mengatasi semua jenis tantangan dan kesulitan yang dihadapi dalam mewujudkan keadilan untuk menjaga martabat, keamanan, dan hak atas pembangunan negara, dan mencapai hasil yang luar biasa, dan rakyat kami memberikan dukungan penuh untuk ini,” tegas pemimpin Korea Utara itu kepada Putin.



Kim juga menyatakan harapan bahwa “kerja sama strategis dan taktis” antara Rusia dan Korut akan diperkuat.

Pada awal Maret, Korut yang mendapat sanksi keras dari Amerika Serikat (AS) adalah salah satu dari lima negara yang memilih menentang resolusi PBB yang mengutuk serangan militer Rusia di Ukraina.

Pyongyang menuduh "kebijakan hegemonik" AS memicu konflik antara Rusia dan Ukraina.

Pada Mei, Rusia dan China untuk pertama kalinya menggunakan hak veto mereka untuk memblokir rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB yang bertujuan memperkuat sanksi internasional terhadap Korea Utara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1543 seconds (0.1#10.140)