Agama Warga Negara Korea Selatan dan Persentasenya

Senin, 13 Juni 2022 - 13:40 WIB
loading...
Agama Warga Negara Korea Selatan dan Persentasenya
Pemandangan di Kota Seoul, Korea Selatan. Mayoritas penduduk negara ini memeluk agama Kristen. Foto/REUTERS/Heo Ran/File Photo
A A A
JAKARTA - Korea Selatan merupakan sebuah negara yang berada di kawasan Asia Timur. Di sebelah utaranya, negara ini berbatasan langsung dengan Korea Utara. Ibu kotanya adalah Seoul.

Dalam perkembangannya, warga negara Korea Selatan memiliki beberapa agama yang berbeda dengan tingkat persebaran yang merata. Lantas, agama apa sajakah itu?

Dilansir dari situs Country Meters, berikut agama warga negara Korea Selatan dan persentasenya.

1. Kristen

Mayoritas penduduk Korea Selatan diketahui sebagai pemeluk agama Kristen. Untuk angkanya, tercatat ada sekitar 29,4 persen warga negaranya yang mengeklaim dirinya sebagai umat Kristiani.

Dari angka tersebut, Kristen Protestan menjadi yang terbesar, diikuti oleh Katolik dan lainnya.

Baca juga: Agama Warga Negara China dan Persentasenya

2. Buddha

Selain Kristen, agama terbesar di Korea Selatan adalah Buddha. Untuk angkanya, tercatat ada 22,9 persen penduduk Korea Selatan yang menjadi pemeluk agama Buddha.

Capaian tersebut membuat Buddha mengungguli beberapa agama lain termasuk Islam dan agama tradisional di Korea Selatan.

3. Agama Tradisional

Selain beberapa agama yang umum dijumpai, warga Korea Selatan juga memiliki kepercayaan agama tradisional. Tidak hanya Korea Selatan, sebenarnya agama atau kepercayaan tradisional ini hampir selalu ada di setiap negara. Hanya saja, seiring perkembangannya, agama tersebut mulai berpadu atau membaur dengan kepercayaan lain yang lebih umum.

Penduduk Negeri Gingseng yang masih bertahan dengan agama tradisional ini ada sekitar 0,8 persen.

4. Islam

Keberadaan agama Islam di negara-negara Asia Timur telah mulai diterima. Termasuk salah satunya adalah Korea Selatan.

Dari data terkait, tercatat ada sekitar 0,2 persen warga negara Korea Selatan yang menganut agama Islam.

5. Agama Lain

Selain beberapa agama di atas, penduduk Korea Selatan juga menganut agama lainnya. Untuk angkanya, ada sekitar 0,3 persen warga negara yang memilih agama selain di atas tadi.

6. Tidak Terafiliasi

Dari sekian banyak agama yang dianut penduduk Korea Selatan, ada juga sebagian penduduk negara ini yang mengaku tidak terkait dalam agama-agama tersebut.

Untuk angkanya cukup besar, bahkan jika dibandingkan dengan agama mayoritas yang ada di Korea Selatan. Warga negara yang memilih tidak terikat atau tidak terafiliasi dengan agama apapun mencapai angka 46,4 persen.
(min)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2216 seconds (10.55#12.26)