Rusia Diprediksi Akan Kerahkan Senjata yang Lebih Mematikan

Minggu, 12 Juni 2022 - 17:15 WIB
loading...
Rusia Diprediksi Akan Kerahkan Senjata yang Lebih Mematikan
Rusia Diprediksi Akan Kerahkan Senjata yang Lebih Mematikan. FOTO/TASS
A A A
KIEV - Pejabat Ukraina dan Inggris pada Sabtu (11/6/2022) memperingatkan bahwa pasukan Rusia mengandalkan senjata yang dapat menyebabkan korban massal, ketika mereka mencoba untuk membuat kemajuan dalam merebut Ukraina timur dan pertempuran sengit yang berkepanjangan.

“Pembom Rusia kemungkinan telah meluncurkan rudal anti-kapal era 1960-an yang berat di Ukraina, kata Kementerian Pertahanan Inggris, seperti dikutip dari AP. Rudal Kh-22 terutama dirancang untuk menghancurkan kapal induk menggunakan hulu ledak nuklir.



“Ketika digunakan dalam serangan darat dengan hulu ledak konvensional, mereka sangat tidak akurat dan karena itu dapat menyebabkan kerusakan parah dan korban jiwa,” lanjut pernyataan kementerian itu.

Kedua belah pihak telah mengeluarkan sejumlah besar persenjataan dalam apa yang telah menjadi perang gesekan untuk wilayah timur tambang batu bara dan pabrik yang dikenal sebagai Donbas. Pertempuran di wilayah ini menempatkan beban besar pada sumber daya dan persediaan mereka.

“Rusia kemungkinan menggunakan rudal anti-kapal 5,5 ton (6,1 ton) karena kekurangan rudal modern yang lebih presisi,” kata Kementerian Pertahanan Inggris. Kementerin itu tidak memberikan rincian di mana tepatnya rudal tersebut diperkirakan telah dikerahkan.



Di provinsi timur Ukraina, Luhansk, Gubernur setempat menuduh Rusia menggunakan senjata pembakar di sebuah desa yang terletak di barat daya kota Sievierodonetsk dan Lysychansk yang diperebutkan dengan sengit.

Meski penggunaan penyembur api di medan perang adalah legal, Gubernur Provinsi, Serhii Haidai menuduh serangan semalam di Vrubivka menyebabkan kerusakan luas pada fasilitas sipil dan jumlah korban yang tidak diketahui.

“Pada malam hari, musuh menggunakan sistem roket penyembur api – banyak rumah terbakar,” tulis Haidai di Telegram pada hari Sabtu. Klaimnya tidak dapat segera diverifikasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)