Pembeli Misterius Boyong Botol Wiski Terbesar di Dunia Hampir Rp20 Miliar

Minggu, 12 Juni 2022 - 15:12 WIB
loading...
Pembeli Misterius Boyong Botol Wiski Terbesar di Dunia Hampir Rp20 Miliar
Pembeli misterius boyong botol wiski terbesar di dunia hampir Rp20 miliar. Foto/Metro/co.uk
A A A
EDINBURGH - Sebuah botol wiski terbesar di dunia telah terjual lebih dari 1 juta poundsterling. Botol malt tunggal Macallan berusia 32 tahun, berisi 311 liter wiski, dibeli melalui proses pelelangan.

Disebut sebagai The Intrepid, botol itu memiliki tinggi 1,5 meter dengan tampilan cukup mengesankan dan menampung cairan memabukkan yang bisa mengisi 444 botol standar.

Seorang pembeli asing anonim membeli wiski itu di balai lelang yang berbasis di Edinburgh, Skotlandia , Lyon & Turnbull, seharga 1,1 juta pounsterling atau sekitar Rp19,8 miliar.

Pihak-pihak dari seluruh dunia tertarik pada botol itu, tetapi pembayaran akhir bernilai setara dengan hampir 92 poundsterling atau sekitar Rp1,6 juta per dram.

Daniel Monk, dari Fah Mai and Rosewin Holdings, datang dengan konsep dan mengklaim konsep itu "selalu lebih dari uang."



“Ini adalah proyek yang penuh semangat untuk merayakan kehidupan mendiang ayah saya, Kapten Stanley Monk, yang juga seorang penjelajah dan mencapai banyak hal luar biasa selama hidupnya,” katanya.

"Hari ini adalah hari ulang tahunnya, jadi itu adalah tanggal yang sempurna untuk melelang The Intrepid," imbuhnya seperti dikutip dari Metro.co.uk, Minggu (12/6/2022).

Nama botol tersebut merupakan penghargaan atas dorongan dan pencapaian 11 penjelajah paling pionir di dunia yang ditampilkan dalam botol tersebut, kata pembuatnya.

Itu termasuk Sir Ranulph Fiennes, Jamie Ramsay dan Karen Darke.

Proyek ini juga mendukung badan amal lingkungan, fisik dan mental yang dipilih para penjelajah. Marie Curie dan Campaign Against Living Miserably termasuk di antara mereka.

"Proyek Intrepid telah menjadi petualangan sejak awal. Saya mulai menghubungi penjelajah selama penguncian untuk membawa mereka ke kapal dan menemukan orang-orang yang dapat membuat dan mengisi botol wiski Scotch terbesar dan bersama-sama kita telah mencapai mimpi," ungkap Monk.



The Intrepid secara resmi disertifikasi oleh Guinness World Records sebagai yang terbesar ketika dibotolkan tahun lalu dan, sebelum pelelangan, ada harapan bahwa itu akan terjual 1,5 juta poundsterling (Rp2,7 miliar) dan menjadi yang paling mahal yang pernah dijual.

Wiski Skotlandia itu digambarkan oleh Charles MacLean, salah satu ahli wiski terkemuka Skotlandia dan Master of the Quaich, sebagai wiski yang elegan, dengan kompleksitas yang halus.

Setelah jatuh tempo di dua tong saudara perempuan di gudang Speyside Macallan selama 32 tahun, alkohol itu dibotolkan tahun lalu oleh Duncan Taylor Scotch Whisky, salah satu perusahaan pembotolan wiski independen terkemuka.

Sebanyak 12 set botol kecil juga diproduksi, masing-masing diisi dengan sisa wiski dari tong yang sama yang digunakan untuk mengisi botol pemecah rekor.

Set termasuk replika desain botol utama, bersama dengan versi individu yang didedikasikan untuk masing-masing penjelajah yang terkait dengan proyek, dan wiski ini juga dijual di lelang.



"Tentu saja tidak setiap hari Anda bisa melelang sebotol malt tunggal berkualitas tinggi, yang kebetulan juga memecahkan rekor," ujar Gavin Strang, Direktur Pelaksana balai lelang Lyon & Turnbull.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2131 seconds (0.1#10.140)