Miliarder Muda Ini Sempat Sehari Kalahkan Kekayaan Jack Ma

Rabu, 24 Juni 2020 - 08:09 WIB
loading...
A A A
Pada 2015, Huang berhasil menggalang dana hingga USD8 juta dan mendirikan Pinduoduo sebulan kemudian. Satu di antara pembeda Pinduoduo dengan e-commerce lainnya ialah pendekatan sosial. Di Pinduoduo, pembeli dapat melakukan belanja secara kolektif dengan diskon tinggi. Mereka juga dapat bergosip.

Pinduoduo telah berhasil memasuki kompetisi dan mulai mengancam dominasi Tencent dan Alibaba. Saat ini Pinduoduo diharapkan dapat mencatat catatan keuangan dan jumlah pembeli yang konsisten. Sebab, Tencent dan Alibaba sudah memiliki pangsa pasar yang besar, tidak hanya di China, tapi juga di Asia.

Selain itu, Tencent dan Alibaba juga sangat gencar melakukan akuisisi di berbagai sektor. Tencent membeli saham induk perusahaan Snapchat, Snap, sebesar 12% setelah memboyong saham Tesla dan Activision. Saham Tencent telah meningkat dua kali lipat pada 2018 menyusul tingginya kepercayaan investor. (Baca juga: Pengusaha Beras Sesalkan Ada Oknum di Bantuan Sosial Sembako)

Dalam kategori nilai pasar, Tencent telah melampaui Facebook setelah perusahaan teknologi Asia itu memiliki valuasi di atas USD500 miliar. Nilai kapitalisasi pasar Tencent juga mencapai USD519,4 miliar. Padahal, Tencent baru melakukan IPO di Hong Kong pada 2004 dengan 3,70 dolar Hong Kong per lembar.

Tencent merupakan perusahaan yang fokus pada bisnis gaming, media sosial, berita, dan konten. Game mobile dan online merupakan faktor kunci kesuksesan bisnis Tencent. Game menyumbangkan USD4 miliar dalam pendapatan mereka. Pada 2016 Tencent mengakuisisi firma Supercell, pembuat Clash of Clans .

Seperti Tencent, Alibaba juga merupakan perusahaan raksasa. Melalui Alibaba yang didirikan pada 1999, Jack Ma secara tidak langsung telah mentransformasi sistem transaksi dan belanja di China. Inovasi itu membawa Jack Ma menjadi orang kedua terkaya di China dengan kekayaan bersih USD44 miliar. (Lihat videonya: Heboh! Pemuda di Lombok Nikahi Dua Gadis Sekaligus)

Alibaba lalu meluncurkan Alipay, layanan pembayaran online, untuk memfasilitasi transaksi mengingat kartu kredit tidak populer di China. Alibaba pun kini berkembang menjadi perusahaan e-commerce, online banking, cloud computing, media digital, hiburan, dan pers setelah mengakuisisi South China Morning Post.

Jack Ma telah mengundurkan diri dari posisi CEO pada September 2019 demi mewujudkan aksi sosial di bidang pendidikan. Dalam beberapa konferensi, Jack Ma sering menegaskan tidak ingin menghabiskan hidupnya di perusahaan. Dia akhirnya memilih pensiun dan kembali mengajar seperti dulu sebelum jadi miliarder. (Muh Shamil)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1028 seconds (0.1#10.140)