Pentagon Klaim AS Tak Berniat Ciptakan NATO Asia

Sabtu, 11 Juni 2022 - 19:16 WIB
loading...
Pentagon Klaim AS Tak Berniat Ciptakan NATO Asia
Kepala Pentagon Lloyd Austin mengatakan Amerika Serikat tidak berniat untuk menciptakan NATO Asia. Foto/REUTERS
A A A
SINGAPURA - Kepala Pentagon atau Menteri Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin mengatakan Amerika tidak berniat untuk menciptakan " NATO Asia ". Komentar Austin ini disampaikan dalam forum Shangri-La Dialogue 2022 di Singapura, Sabtu (11/6/2022).

Austin berbicara selama setengah jam di Sesi Pleno Pertama forum tersebut.

Dia menegaskan kembali bahwa AS tetap berkomitmen untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

"Kami tidak mencari konfrontasi dan konflik dan kami tidak mencari Perang Dingin baru, NATO Asia atau memecah kawasan menjadi blok-blok musuh," ujarnya.

Amerika Serikat dan sekutunya di Indo-Pasifik baru-baru ini menyatakan keprihatinan atas postur militer China yang semakin tegas di kawasan itu.



Beijing, pada bagiannya, telah mengeluh tentang apa yang dilihatnya sebagai upaya AS dan mitranya untuk membentuk aliansi pertahanan di kawasan itu.

Ketika para pemimpin dari AS, Jepang, India dan Australia bertemu bulan lalu untuk pertemuan puncak Dialog Keamanan Segiempat atau Quad, China menyuarakan kegelisahannya. Menteri Luar Negeri Wang Yi mengatakan Washington ingin bergabung dengan "lingkaran kecil" dan mengubah lingkungan lingkungan China, membuat negara-negara Asia-Pasifik menjadi "pion" hegemoni AS.

“Saya pikir Menteri Austin membuatnya sangat jelas bahwa tidak ada keinginan untuk [menciptakan] NATO Asia,” kata Blake Herzinger, seorang analis pertahanan yang berbasis di Singapura.

“AS menghargai kemitraan kolektif dengan visi dan prioritas bersama, tanpa perlu membentuk aliansi pertahanan,” katanya kepada Radio Free Asia (RFA).
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1812 seconds (0.1#10.140)