Rusia Rebut Setiap Pinggiran Severodonetsk, Klaim Operasi Militer Sukses

Rabu, 08 Juni 2022 - 03:54 WIB
loading...
Rusia Rebut Setiap Pinggiran Severodonetsk, Klaim Operasi Militer Sukses
Tentara Rusia operasikan sistem roket multipeluncuran Uragan dalam perangnya di Ukraina. Foto/Sputnik
A A A
MOSKOW - Rusia mengeklaim operasi militernya di Ukraina timur berjalan sukses. Pasukan Moskow telah merebut setiap pinggiran kota Severodonetsk.

Berbicara pada konferensi pers, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan bahwa daerah pemukiman Severodonetsk di wilayah Luhansk berada di bawah kendali Rusia.

"Tempat tinggal kota Severodonetsk telah sepenuhnya dibebaskan," katanya kepada wartawan, seperti dikutip dari kantor berita TASS, Rabu (8/6/2022).

"Sampai saat ini, 97 persen wilayah Republik Rakyat Luhansk telah dibebaskan," paparnya.

"Bagian penting dari Republik Rakyat Donetsk dan Luhansk di tepi kiri Severodonetsk, termasuk kota Krasny Liman dan Svyatohirs'k, serta 15 pemukiman lainnya."



Shoigu juga menyebutkan Studenok, Yarovaya, Kirovsk, Yampol, dan Drobyshevo di antara daerah-daerah berpenduduk terbesar yang direbut pasukan Moskow.

"Pasukan terus menempatkan zona industri dan daerah sekitarnya di bawah kendali mereka. Mereka mengembangkan serangan ke arah Popasnaya," katanya.

Perang Rusia saat ini difokuskan di wilayah Donbas, Ukraina timur, ketika Presiden Vladimir Putin mencari kemenangan militer dengan mencoba merebut dua wilayah timur besar, Luhansk dan Donetsk—yang sebagian besar telah berada di bawah kendali separatis pro-Moskow sejak 2014.

Pasukan Putin didorong untuk merebut kota Severodonetsk dan Lysychansk, yang akan menempatkan semua Luhansk di bawah kendali Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)