Putin Sebut Gandum Ukraina Dapat Diekspor Melalui Belarusia Jika Sanksi Dicabut

Sabtu, 04 Juni 2022 - 13:28 WIB
loading...
Putin Sebut Gandum Ukraina Dapat Diekspor Melalui Belarusia Jika Sanksi Dicabut
Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut gandum Ukraina dapat diekspor melalui Belarusia jika sanksi dicabut. Foto/Business Insider
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin membantah Moskow mencegah pelabuhan Ukraina mengekspor gandum dan mengatakan solusi terbaik adalah mengirimkannya melalui Belarusia , selama sanksi terhadap negara itu dicabut.

Putin, menyebut laporan larangan ekspor Rusia adalah "gertakan", mengatakan kepada televisi nasional bahwa negara-negara Barat berusaha menutupi kesalahan kebijakan mereka sendiri dengan menyalahkan Rusia atas masalah di pasar pangan global.

Tentara Rusia telah merebut sebagian besar garis pantai selatan Ukraina dan kapal perangnya mengontrol akses ke pelabuhan Laut Hitam negara itu.



Moskow menyalahkan Ukraina dan Barat atas gangguan yang diakibatkan oleh ekspor gandum Ukraina.

"Jika seseorang ingin memecahkan masalah ekspor gandum Ukraina - tolong, cara termudah adalah melalui Belarusia. Tidak ada yang menghentikannya," kata Putin.

"Tetapi untuk ini, Anda harus mencabut sanksi dari Belarusia," imbuhnya seperti dikutip dari Straits Times, Sabtu (4/6/2022).



Sebelumnya pada hari Jumat, pemimpin Belarusia Alexander Lukashenko mengatakan Minsk siap untuk mengizinkan transit gandum Ukraina ke pelabuhan Jerman, Polandia, Baltik atau Rusia melalui wilayahnya jika sebagai imbalannya diizinkan untuk mengirimkan barang-barang Belarusia dari pelabuhan tersebut.

Putin mengatakan masalah di pasar pangan global akan memburuk karena sanksi Inggris dan Amerika Serikat (AS) terhadap pupuk Rusia.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1541 seconds (0.1#10.140)