4 Kecelakaan Pesawat yang Disebabkan Hantaman Rudal, Nomor 2 Tewaskan 298 Orang

Jum'at, 03 Juni 2022 - 13:25 WIB
loading...
4 Kecelakaan Pesawat yang Disebabkan Hantaman Rudal, Nomor 2 Tewaskan 298 Orang
4 Kecelakaan pesawat yang disebabkan oleh hantaman rudal. Foto/Ilustrasi/Economic Times
A A A
JAKARTA - Dalam sejarahnya, cukup banyak terjadi kecelakaan pesawat yang disebabkan oleh hantaman rudal . Bukan karena sedang berperang, namun kebanyakan akibat salah sasaran.

Dalam hal ini, pihak militer sebuah negara tentu memiliki sistem pertahanan udara yang digunakan untuk menjaga keutuhan dan keamanan wilayahnya. Segala bentuk ancaman yang muncul akan dianggap sebagai musuh.

Namun, terkadang hal ini tak tepat sasaran. Cukup banyak kejadian pesawat penumpang sipil yang ditembak jatuh dengan alasan karena diduga sebagai pesawat musuh.

Berikut beberapa kecelakaan pesawat yang disebabkan oleh hantaman rudal:

1. Pesawat Ukraina Airlines PS752

Pada 8 Januari 2020, Pesawat Ukraine International Airlines PS752 secara tidak sengaja ditembak jatuh oleh rudal milik Iran. Pesawat yang menuju Kiev ini dihantam rudal tak lama setelah lepas landas dari Bandara Internasional Imam Khomeini, Teheran.

Dikutip dari situs Al Jazeera, Organisasi Penerbangan Sipil Iran (CAO) telah merilis laporan akhir mengenai kejadian jatuhnya pesawat ukraina. Dalam laporannya, organisasi ini mengkonfirmasi laporan sebelumnya yang menyatakan Penerbangan PS752 itu dijatuhkan oleh dua rudal Iran.



Pihaknya juga mengklaim bahwa kejadian ini disebabkan ‘Human Error’ dalam mengoperasikan sistem pertahanan udara Iran. Ketika itu, Iran sendiri sedang dalam kondisi siaga setelah sebelumnya menembakan sekitar selusin rudal ke pangkalan militer Amerika Serikat di Irak. Tujuannya adalah untuk membalas pembunuhan jenderalnya, Qassem Soleimani.

Setelah kejadian ini, pemerintah Iran memberikan kompensasi sebesar $150.000 untuk masing-masing keluarga dari 176 penumpang yang menjadi korban.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1197 seconds (0.1#10.140)