Jilat Ludah Sendiri, Biden Dilaporkan Akan Sambangi Arab Saudi

Jum'at, 03 Juni 2022 - 11:01 WIB
loading...
Jilat Ludah Sendiri, Biden Dilaporkan Akan Sambangi Arab Saudi
Presiden AS Joe Biden dilaporkan akan berkunjung ke Arab Saudi untuk bertemu dengan Putra Mahkota Mohammad bin Salman. Foto/Saudileaks.org
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dilaporkan akan mengunjungi Arab Saudi pada akhir bulan ini dan bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman .

Apa yang dilakukan Biden seolah melupakan janji kampanyenya untuk menjadikan Arab Saudi negara "paria" atas pembunuhan kolumnis Washington Post Jamal Khashoggi .

Kunjungan ke Riyadh, pertama kali dilaporkan oleh Washington Post dan New York Times, menunjukkan bahwa Biden telah memprioritaskan kebutuhannya untuk menurunkan harga minyak dan menghukum Rusia atas invasinya ke Ukraina, di atas pendiriannya terhadap hak asasi manusia. Kunjungan itu akan ditambahkan ke perjalanan yang sudah direncanakan ke Israel, Jerman dan Spanyol.

Gedung Putih mengatakan tidak memiliki rencana perjalanan baru untuk diumumkan, tetapi menjelaskan bahwa tidak ada penghalang bagi Biden untuk bertemu dengan putra mahkota.

"Jika dia memutuskan bahwa adalah kepentingan Amerika Serikat untuk terlibat dengan seorang pemimpin asing dan bahwa keterlibatan semacam itu dapat memberikan hasil, maka dia akan melakukannya," kata seorang pejabat senior Gedung Putih.



“Dalam kasus Arab Saudi, yang telah menjadi mitra strategis Amerika Serikat selama hampir 80 tahun, tidak ada keraguan bahwa kepentingan utama terjalin dengan Arab Saudi. Dan Presiden memandang Kerajaan Arab Saudi sebagai mitra penting dalam sejumlah inisiatif yang sedang kami kerjakan baik di kawasan maupun di seluruh dunia,” imbuhnya seperti dikutip dari The Guardian, Jumat (3/6/2022).

Isolasi terhadap putra mahkota Arab Saudi oleh AS tampaknya sejak invasi Ukraina dimulai pada 24 Februari. Berusaha untuk memotong pendapatan Rusia, Washington telah mencari perluasan pasokan minyak global untuk menurunkan harga, yang juga merupakan ancaman bagi prospek Partai Demokrat yang sudah buruk dalam pemilihan kongres tahun ini.

Gedung Putih dilaporkan berusaha untuk mengatur panggilan telepon antara Biden dan Mohammed bin Salman pada bulan Maret, tetapi dilecehkan oleh putra mahkota.

Namun penasihat utama presiden untuk Timur Tengah, Brett McGurk, dan utusan khusus untuk masalah energi, Amos Hochstein, bersikukuh untuk membuka jalan bagi pertemuan keduanya dengan serangkaian perjalanan diam-diam ke Riyadh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)