Hadapi Dakwaan Pengkhianatan, Eks Presiden Ukraina Coba Kabur ke Polandia

Sabtu, 28 Mei 2022 - 07:50 WIB
loading...
Hadapi Dakwaan Pengkhianatan, Eks Presiden Ukraina Coba Kabur ke Polandia
Foto yang beredar di Telegram menunjukkan sosok yang diduga mantan presiden Petro Poroshenko mencoba kabur dari Ukraina ke Polandia. Foto/Telegram
A A A
KIEV - Mantan presiden Ukraina Petro Poroshenko mencoba menyeberangi perbatasan ke Polandia, semalam (27/5/2022). Pendahulu Presiden Volodymyr Zelensky ini mencoba kabur ketika sedang menghadapi dakwaan pengkhianatan.

Percobaan melarikan diri itu dilaporkan media setempat mengutip sumber Layanan Bea Cukai Negara.

Menurut laporan Ukrainian National News (UNN) dan Ukrainskaya Pravda, Poroshenko muncul di persimpangan Rava-Ruska, barat Lvov, dengan SUV Range Rover-nya pada Jumat malam.

Penjaga perbatasan yang ditempatkan di sana dilaporkan tidak mau bertanggung jawab untuk memutuskan apakah akan membiarkan Poroshenko meninggalkan negara itu. Namun, tidak ada konfirmasi resmi dari dinas perbatasan.

Baca juga: Rusia Tembakkan Rudal Balistik Iskander ke Langit Ukraina

Foto yang di-posting di Telegram menunjukkan seseorang diduga Poroshenko berbicara dengan beberapa agen bea cukai.

“Ini adalah tatanan politik yang terlihat menjijikkan,” tulis politisi Ukraina, Irina Gerashchenko, di Telegram, mencatat bahwa Poroshenko dicegah meninggalkan negara itu meskipun dia memiliki surat perjalanan yang sah dari Parlemen untuk menghadiri Majelis Parlemen NATO di Lithuania.

Poroshenko secara teknis masih menjadi anggota Parlemen Ukraina. Pada Desember 2021, pemerintah saat ini mendakwanya dengan pengkhianatan dalam skema dugaan pembelian batu bara dari separatis Donbas yang pro-Rusia pada 2014-2015.

Dia melakukan perjalanan ke Turki saat dakwaan diumumkan, tetapi menunjukkan keinginan untuk kembali ke Kiev pada Januari.

Pengadilan kemudian menolak permintaan pemerintah untuk memenjarakannya, atau bahkan menjadi tahanan rumah.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2022 seconds (11.97#12.26)