Rusia: Proyektil kimia di Aleppo bukan milik tentara Suriah

Kamis, 05 September 2013 - 10:04 WIB
Rusia: Proyektil kimia di Aleppo bukan milik tentara Suriah
Rusia: Proyektil kimia di Aleppo bukan milik tentara Suriah
A A A
Sindonews.com - Kementerian Luar Negeri Rusia, menegaskan, bahwa proyektil kimia yang digunakan di pedesaan Khan al-Assal, Aleppo, bukan milik tentara Suriah. Temuan dari ahli Rusia itu, diharapkan membuat investigasi PBB lebih akurat.

Sebuah pernyataan yang dirilis oleh Kementerian itu, kemarin, menarik perhatian publik Suriah. ”Berbagai informasi yang bertujuan untuk menyalahakn tanggung jawab atas penggunaan senjata kimia yang diduga digunakan di dekat Damaskus, meskipun hasil penyelidikan PBB belum terungkap,” tulis kantor berita negara Suriah, SANA, Kamis (5/9/2013), merujuk laporan Rusia Today.

Kementerian Luar Negeri Rusia itu, menyindir, kesimpulan dini yang dilontarkan AS dan sekutunya soal klaim senjata kimia, yang mendahului kerja PBB yang belum menyampaikan kesimpulannya.”Ibarat jalan sedang diaspal untuk aksi militer terhadap Damaskus,” sindir kementerian itu.

Pernyataan Kementerian Luar Negeri Suriah itu, menjelaskan bukti, jika proyektil kimia bukan milik tentara Suriah. ”Proyektil yang digunakan dalam insiden itu bukan amunisi standar yang dimiliki tentara Suriah. (Bentuknya) kasar, dan parameter dari rudal yang diproduksi mirip milik kelompok Brigade al-Bashair Nasr.”

Rusia menyerahkan laporan 100 halaman kepada Sekretaris Jenderal PBB pada 9 Juli 2013 tentang insiden yang terjadi di Khan al-Assal, Aleppo. Pada tanggal 19 Maret 2013, kelompok teroris bersenjata menembakkan proyektil yang mengandung zat kimia di Khan al- Assal, yang menyebabkan 25 orang tewas dan 86 orang lainnya cedera. Sebagian besar dari mereka adalah warga sipil.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4555 seconds (0.1#10.140)