Tepis Rumor Tak Sedap, Arab Saudi Tegaskan Lagi Sikap Kerajaan pada Israel

Rabu, 25 Mei 2022 - 09:26 WIB
loading...
Tepis Rumor Tak Sedap, Arab Saudi Tegaskan Lagi Sikap Kerajaan pada Israel
Menlu Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan menegaskan lagi sikap Kerajaan pada normalisasi hubungan dengan Israel. Foto/arab news
A A A
DAVOS - Menteri Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan menegaskan kembali sikap Kerajaan mengenai normalisasi dengan Israel di Forum Ekonomi Dunia pada Selasa (24/5/2022).

Pangeran Faisal menjelaskan, tidak ada perubahan meskipun laporan media yang belum dikonfirmasi baru-baru ini menunjukkan sebaliknya. Rumor tak sedap pun muncul terkait hubungan Saudi dan Israel di belakang layar.

“Saya sudah membahas itu beberapa kali di masa lalu dan tidak ada yang berubah dalam cara kita memandang subjek ini. Saya pikir kita selalu melihat normalisasi sebagai hasil akhir, tetapi hasil akhir dari suatu jalan," ujar Pangeran Faisal di panel Davos berjudul "Arsitektur Keamanan Baru di Timur Tengah."



“Kami selalu membayangkan bahwa akan ada normalisasi penuh dengan Israel, dan saya telah mengatakan sebelumnya bahwa normalisasi penuh antara kami dan Israel, antara kawasan dan Israel, akan membawa manfaat besar, kita tidak akan dapat memetik manfaat itu kecuali kita menangani masalah Palestina,” tegas dia dalam menanggapi pertanyaan tentang laporan media yang belum dikonfirmasi baru-baru ini yang melibatkan kesepakatan yang ditengahi Amerika Serikat (AS) yang melibatkan Mesir dan Israel.



Sementara itu, Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Al-Safadi juga menimpali dan mengatakan, “Masalah utama yang harus kita lihat di sini adalah tidak adanya cakrawala politik mutlak untuk menyelesaikan konflik Palestina-Israel.”



“Itu membunuh harapan, yang memungkinkan pengayaan keputusasaan dan memberdayakan radikalisasi di semua sisi dan itu adalah sesuatu yang perlu ditangani,” ujar dia.

Pembunuhan pembawa berita senior Al Jazeera, Shireen Abu Akleh, di Palestina oleh pasukan Israel juga diangkat ketika panel menyerukan penyelidikan menyeluruh.

“Itu satu di antara banyak, banyak kasus sejak awal tahun, lebih dari 42 warga Palestina tewas dalam bentrokan yang meletus di seluruh Wilayah Palestina yang diduduki,” papar Safadi.

Ketika ditanya tentang hubungan dengan Presiden Suriah Bashar Assad, Pangeran Faisal mengatakan mereka perlu menemukan cara mendorong proses politik yang telah lama terhenti, dan mereka perlu menemukan cara untuk mengatasi krisis pengungsi.

“Sangat mudah bagi seseorang yang berbicara dari jarak 10.000, 4.000, 5.000 mil, untuk melihatnya dari perspektif yang berbeda dari kita di wilayah ini,” ujar Menlu Yordania.

"Pertanyaannya bukan 'menormalkan atau tidak menormalkan', pertanyaannya adalah 'apakah kita melanjutkan politik status quo?' Yang berarti krisis terus semakin dalam, penderitaan yang ditimbulkannya terus mempengaruhi lebih banyak orang," tutur dia.

“Kami percaya bahwa kita harus melihat keterkaitan segala sesuatu di kawasan ini, dengan Suriah kita harus menerima kenyataan bahwa krisis tidak dapat berlanjut dan kita harus menyelesaikannya,” ungkap dia.

Berkaitan dengan normalisasi hubungan dengan titik-titik dan ancaman krisis regional, topik dialog dengan Iran juga diangkat.

“Tangan kami terulur, kami mencoba mengirim pesan bahwa memasuki era baru kerja sama di kawasan dapat memberikan manfaat bagi kita semua,” papar dia kepada panel Forum Ekonomi Dunia.

Dia menambahkan “Itu memang membutuhkan keputusan di Iran untuk menandatangani visi masa depan yang jauh lebih makmur dan kooperatif.”

"Kami terus mendorong tetangga kami di Iran untuk bersandar pada apa yang bisa menjadi sangat, sangat penting .... melihat perubahan di kawasan kami," ungkap dia.

Sementara GCC sedang berdiskusi dengan Iran, pemerintah dua bulan lalu mengklaim serangan rudal di ibu kota Kurdi Erbil di Irak yang menyatakan pihaknya menargetkan "pusat konspirasi strategis" Israel.

Perdana Menteri Kurdi Masrour Barzani mengatakan, “Kita harus melihat keamanan kawasan secara keseluruhan.”

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1811 seconds (0.1#10.140)