Zelensky Akan Tuntut Kompensasi ke Rusia karena Menginvasi Ukraina

Sabtu, 21 Mei 2022 - 11:39 WIB
loading...
Zelensky Akan Tuntut Kompensasi ke Rusia karena Menginvasi Ukraina
Presiden Volodymyr Zelensky usulkan perjanjian dengan negara-negara sekutu untuk menyita aset Rusia dan diserahkan ke Ukraina sebagai kompensasi akibat agresi. Foto/REUTERS/Valentyn Ogirenko
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengusulkan kesepakatan resmi dengan negara-negara sekutu untuk menuntut kompensasi terhadap Rusia . Kompensasi akan diminta atas kerusakan yang disebabkan pasukan Moskow selama perang .

Zelensky, yang mengatakan Rusia berusaha menghancurkan sebanyak mungkin infrastruktur Ukraina, mengatakan kesepakatan seperti itu akan menunjukkan negara-negara yang merencanakan tindakan agresif bahwa mereka harus membayar atas tindakan mereka.

"Kami mengundang negara-negara mitra untuk menandatangani perjanjian multilateral dan membuat mekanisme yang memastikan bahwa setiap orang yang menderita akibat tindakan Rusia dapat menerima kompensasi untuk semua kerugian yang terjadi," katanya dalam pidato yang disiarkan dalam video pada Jumat, yang dilansir Reuters, Sabtu (21/5/2022).



Zelensky mengatakan bahwa di bawah kesepakatan seperti itu, dana dan properti Rusia di negara-negara penandatangan akan disita. Itu kemudian akan diarahkan ke dana kompensasi khusus.

"Itu akan adil. Dan Rusia akan merasakan bobot setiap rudal, setiap bom, setiap peluru yang ditembakkan ke kami," katanya.

Kanada mengatakan bulan lalu akan mengubah undang-undang sanksinya untuk memungkinkan aset asing yang disita dan diberi sanksi untuk didistribusikan kembali sebagai kompensasi kepada para korban atau untuk membantu membangun kembali negara asing dari perang.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1163 seconds (0.1#10.140)