Stop Pasok Gas ke Finlandia, Rusia: Tak Ada yang Gratis

Jum'at, 20 Mei 2022 - 20:56 WIB
loading...
Stop Pasok Gas ke Finlandia, Rusia: Tak Ada yang Gratis
Rusia hentikan pasokan gas alam ke Finlandia mulai Sabtu (21/5/2022). Foto/REUTERS
A A A
HELSINKI - Rusia akan menghentikan pasokan gas ke negara tetangga; Finlandia, mulai Sabtu (21/5/2022), besok. Distributor gas milik negara Finlandia, Gasum, mengonfirmasi hal itu dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat (20/5/2022).

“Pada Jumat sore, 20 Mei, Gazprom Export menginformasikan kepada Gasum bahwa pasokan gas alam ke Finlandia berdasarkan kontrak pasokan Gasum akan dipotong pada Sabtu 21 Mei pukul 04.00 (GMT),” kata Gasum.

Gasum menyatakan pihaknya akan terus memasok gas ke pelanggan Finlandia dari sumber lain melalui pipa konektor Baltik.

“Kami telah mempersiapkan dengan hati-hati untuk situasi ini dan asalkan tidak ada gangguan pada jaringan transmisi gas, kami akan dapat memasok semua pelanggan kami dengan gas dalam beberapa bulan mendatang,” kata CEO Gasum, Mika Wiljanen, seperti dikutip Reuters.



Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan Rusia tidak akan memasok gas alam gratis ke negara-negara yang menolak untuk beralih ke skema pembayaran rubel.

"Jelas, tidak ada yang akan memberikan apa pun kepada siapa pun secara gratis," kata Peskov kepada wartawan.

Peskov ditanya apakah pengiriman gas ke Gasum akan berakhir minggu ini.

“Kami tidak memiliki informasi tentang semua perusahaan yang memiliki kontrak dengan Gazprom. Ini bukan hak prerogatif kami. Untuk detailnya, tentu saja, Anda perlu bertanya kepada Gazprom,” katanya.

Pada bulan Maret, Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan pemerintah, bank sentral, dan Gazprombank untuk mengembangkan alat yang diperlukan untuk mengalihkan semua pembayaran untuk gas alam Rusia dari "negara-negara yang tidak bersahabat" menjadi rubel setelah 1 April.

Langkah tersebut berlaku untuk negara-negara yang telah memberlakukan sanksi terhadap Rusia.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0941 seconds (0.1#10.140)