Kapal Induk Ketiga China Segera Hadir, Latihan Perang Makin Gencar

Rabu, 18 Mei 2022 - 10:22 WIB
loading...
Kapal Induk Ketiga China Segera Hadir, Latihan Perang Makin Gencar
Kapal induk Liaoning menggelar latihan di Samudera Pasifik pada 18 April 2018. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Awal bulan ini, Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN) mengirim kelompok kapal induk terbesar yang pernah ada ke Laut Filipina untuk melakukan latihan perang.

Pengamat yang melihat latihan tersebut menyebut bahwa itu adalah upaya mempersiapkan Angkatan Laut untuk kedatangan kapal induk ketiga dan terbesar milik China.



Kapal induk Liaoning memimpin kelompok tempur delapan kapal perang dalam apa yang digambarkan juru bicara senior PLAN Gao Xiucheng sebagai “pelatihan tempur yang realistis di laut jauh Pasifik Barat,” di sisi jauh Taiwan dari daratan China.



Di sana, kapal-kapal perang China dikepung di semua sisi oleh wilayah musuh, dengan Jepang dan Filipina bersekutu dengan Amerika Serikat (AS) dan wilayah Guam AS ada di tepi timur laut.



“Dengan menjadi tuan rumah latihan jet tempur tepat di depan pemantauan pasukan Jepang dan berpotensi AS, Angkatan Laut PLA menunjukkan kepercayaannya di tengah kemampuannya yang meningkat,” ungkap para pengamat kepada Global Times, dilansir Sputnik pada Rabu (18/5/2022).



Kapal perang AS dan Jepang juga waspada di dekatnya, termasuk kapal induk Izumo dan USS Abraham Lincoln.

Kepala editor eksekutif majalah China Shipborne Weapons Shi Hong mengatakan kepada Global Times bahwa kapal perang Amerika dan Jepang menjadi "mitra latihan yang sempurna" untuk latihan China.

Termasuk dalam kelompok tempur itu adalah kapal penjelajah dengan rudal berpemandu Tipe 055.

Itu adalah kapal perang non-kapal induk terbesar China, yang baru-baru ini menunjukkan kemampuannya membawa dan menembakkan rudal anti-kapal hipersonik, yang hanya memiliki sedikit tindakan pencegahan potensial.

Berbicara kepada South China Morning Post (SCMP), mantan instruktur Akademi Angkatan Laut Taiwan Lu Li-Shih menyebut latihan itu juga dimaksudkan menopang pengalaman PLAN dengan operasi kapal induk yang canggih, karena angkatan laut masih hanya memiliki dua kapal induk.

“Operasi pelatihan skala besar yang sedang berlangsung bertujuan menguji dan mengembangkan pedoman pelatihan dan doktrin untuk operasi dek kapal induk, dukungan logistik laut lepas dan rincian lainnya, yang akan memberikan titik referensi untuk kapal induk ketiga angkatan laut, Type 003,” ujar Lu kepada surat kabar yang berbasis di Hong Kong.

Menurut staf gabungan Jepang, Liaoning dan armada udara pesawat tempur J-15 “Flying Shark” melakukan pelatihan pesawat berbasis kapal induk lintas siang dan malam saat berada di Laut Filipina.

“Pelatihan semacam itu lebih intens dibandingkan dengan latihan sebelumnya yang diungkapkan ke publik,” papar Lu.

Global Times melaporkan Liaoning melakukan lebih dari 100 serangan udara dalam waktu enam hari.

“Kali ini, tidak berlebihan untuk menduga Liaoning lebih lanjut membangun pengalaman ini dan menggunakannya untuk mendorong pengembangan konsep operasi kapal induk … dan cukup jelas mendorong kru (terutama awak pesawat J-15) keras dalam hal ini,” ungkap Colin Koh, peneliti di S Rajaratnam School of International Studies di Nanyang Technological University, Singapura, mengatakan kepada SCMP.

Analis lebih lanjut mencatat Liaoning telah beroperasi selama lebih dari 20 hari, mendorong batas kapal induk, yang memiliki desain yang sama dengan kapal induk Admiral Kuznetsov milik Rusia dan sebagian dibangun di Nikolayev pada 1980-an sebagai Varyag.

China membeli hulk yang belum selesai, dan menyelesaikan serta memperbaruinya sebelum meluncurkannya sebagai Liaoning pada 2012.

Kapal induk Type 003 saat ini sedang dalam tahap akhir konstruksi di galangan kapal Hudong Zhonghua di Shanghai.

Diyakini memiliki bobot sekitar 85.000 ton, kapal induk ini akan menggunakan tiga ketapel pesawat elektromagnetik, menjadikannya yang paling dekat dalam ukuran dan kemampuan dengan kapal induk Amerika dari semua flat top China yang dibangun sejauh ini.

Sebagai perbandingan, Liaoning dan saudaranya kapal Shandong menggunakan haluan landai untuk mengangkat pesawat ke dalam penerbangan, yang lebih aman tetapi membatasi bahan bakar dan senjata yang dapat mereka bawa.

“Analis online mencatat desas-desus yang tersebar luas bahwa Tipe 003 dapat memasuki air untuk pertama kalinya pada 3 Juni, meskipun lockdown di Shanghai yang dimaksudkan untuk mengekang penyebaran COVID-19 telah memengaruhi jadwal itu,” papar laporan Eurasia Times.

Ada juga rumor bahwa turunan dari pesawat eksperimental J-31 dapat bergabung dengan J-15 sebagai pesawat tempur berbasis kapal induk kedua China.

Shenyang, pembuat J-31, diketahui bekerja sama dengan China Aeronautical Establishment, cabang penelitian dan pengembangan Aviation Industry Corporation of China (AVIC), pada pesawat tempur berbasis kapal induk baru, dan banyak foto telah muncul dari jet serupa dalam penampilan dengan J-31, yang dijuluki J-35 oleh para pengamat.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1760 seconds (0.1#10.140)