Ketika Demo Terjadi di Dalam Masjid Nabawi, Situs Suci Islam

Selasa, 17 Mei 2022 - 08:11 WIB
loading...
Ketika Demo Terjadi di Dalam Masjid Nabawi, Situs Suci Islam
Jamaah asal Pakistan demo di dalam Masjid Nabawi di Arab Saudi untuk menentang kehadiran delegasi PM Shehbaz Sharif, 28 April lalu. Foto/Screenshot via Arab News
A A A
MADINAH - Aksi jamaah Muslim Pakistan pada akhir April lalu dianggap sudah keterlaluan. Mereka demo di dalam Masjid Nabawi , salah satu situs tersuci Islam di Arab Saudi , menentang kehadiran delegasi Perdana Menteri Shehbaz Sharif.

Demo itu terjadi pada 28 April 2022 dan sempat dianggap sebagai tindakan penistaan agama di kalangan publik Pakistan.

Saat itu, beberapa pengunjuk rasa di dalam Masjid Nabawi mulai meneriakkan slogan-slogan dan melecehkan anggota delegasi PM Shehbaz Sharif saat mereka masuk ke tempat suci. Sharif adalah pengganti PM Imran Khan yang digulingkan Parlemen.

Para demonstran diduga dari kubu Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI), partainya Imran Khan.



Polisi Madinah saat itu menangkap setidaknya lima warga Pakistan dalam demo tersebut. Mereka ditangkap atas tuduhan melecehkan dan menghina Menteri Penerangan Marriyum Aurangzeb dan Menteri Pengendalian Narkotika Shahzain Bugti di Masjid Nabawi.

Penangkapan juga dilakukan karena menghina dan melecehkan seorang wanita dan para sahabatnya yang berkebangsaan Pakistan, juga di halaman Masjid Nabawi.

Juru bicara Kepolisian Madinah kala itu mengatakan, "Para tersangka dirujuk ke pihak berwenang setelah prosedur hukum diselesaikan terhadap mereka."

"Tindakan mereka bertentangan dengan kesucian tempat dan berdampak pada keselamatan pengunjung dan jamaah," lanjut Kepolisian Madinah.

Sementara itu, di Pakistan, kasus itu sempat dianggap sebagian pihak sebagai tindakan penistaan agama karena demo berlangsung di dalam Masjid Nabawi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1023 seconds (0.1#10.140)